Majalah Kartini dan DWP KemenPan-RB Gelar Seminar untuk Tingkatkan UMKM

Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi para perempuan untuk mau dan tak takut memulai bisnis.
, Majalah Kartini | 18/04/2018 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Majalah Kartini bersama Dharma Wanita Persatuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen Pan-RB) yang disponsori oleh Lakme, menggelar seminar dan miniworkshop  bertema “Cara Mudah Jadi Pengusaha UMKM Sukses di Waktu Luang” pada Rabu (18/04) di Kantor Kemen PAN-RB, Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #womenmoveup yang digalakkan oleh Majalah Kartini.

#womenmoveup bertujuan untuk mendorong pemberdayaan perempuan sebagai penggerak pembangunan ekonomi yang berkualitas. Kampanye ini dibuat berdasarkan fenomena yang menunjukkan  banyaknya UMKM yang terus meningkat dalam 10 tahun terakhir. Sehingga dirasa penting adanya pemberdayaan terhadap kualitas UMKM yang dimiliki oleh para pengusaha perempuan.

Seminar dan miniworkshop  bertema “Cara Mudah Jadi Pengusaha UMKM Sukses di Waktu Luang” dibuka dengan sambutan dari Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemen Pan-RB, Endang F. Atmaji yang menyampaikan, “Semua yang hadir dalam acara ini merupakan calon-calon pengusaha yang akan menggerakkan roda ekonomi Indonesia.” Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men Pan-RB),  Asman Abnur yang menyambut positif acara ini terutama dalam mendorong bidang kewirausahaan di Indonesia. Lalu sambutan diteruskan oleh Managing Director Trinaya Media, K. Nina Adelia  yang mengatakan “Kami menggalakkan kampanye #womenmoveup agar para perempuan bisa terus bergerak maju dan turut meningkatkan perekonomian bangsa.” Sambutan pun ditutup oleh Sekretaris Jenderal Dharma Wanita Persatuan Pusat, Toety Tasdik Kinanto yang hadir mewakili Wien Ritola Tasmaya selaku Ketua Umum DWP Pusat yang berhalangan hadir.

Ada beberapa pembicara yang hadir untuk berbagi ilmu kepada seluruh peserta tentang cara berbisnis. Pada sesi pertama diisi dengan pemberian motivasi dari Duta Bangsa yaitu Ardiansyah Budiman yang membimbing para peserta untuk mempersiapkan mental dan kemauannya ketika akan memulai bisnis. Suasana mencair ketika Ardiansyah mengajak seluruh peserta melakukan gerakan “Baby Shark”.  Kemudian, di  sesi kedua seminar saatnya pembekalan ilmu untuk seluruh peserta mengenai  E-commerce dan Social Media Marketing oleh Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia, Nazrya Octora dan Owner muda dari Hadi Kitchen yaitu Dennis Hadi. Keduanya menjelaskan tentang bagaimana memasarkan produk secara online melalui berbagai platform.

Sebelum istirahat siang, Lakme juga menyempatkan memberi demo makeup. Makeup yang diajarkan adalah bagaimana cara merias wajah untuk penampilan sehari-hari yang juga cocok  diaplikasikan  ke acara formal. Di sini para peserta bisa bertanya langsung dengan sang Make Up Artist, Iwan Harun.

Usai istirahat siang, acara kembali berlanjut dengan pemaparan tentang cara permohonan modal dan pengelolaan keuangan ketika akan memulai usahyang dipaparkan oleh Emerging Business Cluster Head bank OCBC, Mery Natalia. Sesi terakhir acara pun berlangsung sangat meriah yakni video kompetisi Lakme yang dilakukan di tiga wall of fame yang telah disediakan menggunakan beberapa properti menarik. Video yang dilakukan secara bergrup tersebut, harus diunggah ke media sosial Instagram masing-masing peserta. (*)

 

 

Teks: Rina Ayu

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: