Tips Melangsingkan Tubuh Tanpa Harus Diet Keras

Di luar diet dan aktivitas olahraga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa cara ini terbukti bisa membuat Anda mendapatkan lebih sedikit kalori dengan mudah.
, Majalah Kartini | 16/04/2019 - 20:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Menjadi langsing hampir selalu menjadi impian setiap perempuan. Tak jarang karena lingkungan membuat mereka tidak percaya diri pada tubuh yang dimiliki.

Tapi jika tubuh yang ramping nan sehat adalah tujuannya, maka menjadi langsing tak salah untuk dilakukan. Sayangnya, kebanyakan orang melakukan cara menguruskan tubuh dengan diet yang keras. Padahal efek yang ditimbulkan bisa berbahaya.

Tidak sedikit juga yang ingin mempunyai tubuh langsing dengan mengurangi jumlah makan. Padahal ini dilakukan tanpa mereka tahu resiko jika tubuh kekurangan asupan gizi, maka penyakit akan semakin sering menghampiri.

Untuk itu, atur pola makan dan lakukan secara konstan. Jika tak terlalu percaya diri untuk melakoni program diet, Anda tak perlu khawatir. Di luar diet dan aktivitas olahraga, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Beberapa cara ini terbukti bisa membuat Anda mendapatkan lebih sedikit kalori dengan mudah. Berikut mengutip Healthline, cara menurunkan berat badan tanpa diet.

 

  1. Mengunyah Makanan dengan Pelan

Dengan cara mengunyah makanan secara pelan-pelan dan seksama, maka akan membuat rima makan melambat. Tentu hal ini dapat menstigma otak dan menyampaikan bahwa Anda telah makan dengan cukup. Secara tidak langsung membuat asupan makanan yang masuk ke dalam perut berkurang.

Cara ini bisa membuat Anda kenyang lebih cepat dengan kalori yang sedikit. Hingga tanpa disadari mengurangi jumlah makan dan membuat Anda perlahan mengurangi berat badan tanpa harus tersiksa.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein berperan besar pada nafsu makan karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hormon, seperti ghrelin dan GLP-1 yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang.

Menurut studi, peningkatan asupan protein sebanyak 15 persen dapat membantu seseorang mengonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari dan rata-rata kehilangan 5 kilogram selama 12 pekan tanpa olahraga atau sengaja membatasi makanan.

  1. Porsi Kecil Untuk Makanan Tidak Sehat

Hal lain yang harus dilakukan untuk mengurangi porsi makan berlebih adalah memisahkan makanan yang kurang sehat menggunakan piring yang kecil.

Tujuannya adalah membuat porsi terlihat lebih kecil, utamanya untuk makanan-makanan kurang sehat. Hal ini bisa ‘menipu’ otak hingga membuat Anda makan lebih sedikit.

Selain itu untuk mengatur makan serta asupan yang membuat Anda kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang cukup, makanlah makanan yang kaya protein seperti telur, dada ayam, ikan, yogurt, dan almond. Menurut studi, cara ini bisa membuat Anda makan lebih sedikit kalori untuk 36 jam ke depan ketimbang dengan orang yang sarapan dengan biji-bijian.

  1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Seseorang kehilangan berat badan sebesar 44 persen lebih banyak daripada yang tidak minum air putih sebelum makan selama 12 pekan. Sebuah percobaan dan eksperimen dilakukan pada orang dewasa, dan menemukan bahwa minum setengah liter air 30 menit sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan asupan kalori. Artinya, porsi makan Anda akan lebih sedikit dan tanpa terasa akan mengalami penurunan secara perlahan.

  1. Tidur cukup dan Hindari Stres

Kurangnya tidur dan pola makan tidak teratur, serta banyaknya pikiran (stres) bisa berpengaruh besar pada nafsu makan dan berat badan Anda. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur makan yang disebut leptin dan ghrelin. Sementara hormon kortisol akan meningkat ketika Anda stres.

Jika kedua hormon ini berfluktuasi secara tak menentu, akan meningkatkan rasa lapar, hingga berujung pada pemasukan kalori yang lebih tinggi.

Lalu, jika insomnia kronis dan stres sering terjadi, maka juga bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. Maka menjaga kesehatan dan pola tidur yang baik adalah cara tepat untuk mengatur berat badan agar pikiran jernih dan melakukan aktivitas dengan semangat.

Baca juga: Diet Sukses Dewi Hughes Akan Dibukukan

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: