Tips Alami Menyembuhkan De Quervain Syndrome

Gejala nyeri pada persendian jari tangan akibat banyaknya beban yang menumpuk membuat peradangan pada sendi-sendi jari. Nyeri ini biasa juga disebut De Quervain Syndrome. Berikut tips penyembuhan De Quervain Syndrome secara alami.
, Majalah Kartini | 23/04/2019 - 08:00

Sumber foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Bagi seorang ibu, melakukan pekerjaan rumah memang sudah menjadi tugas sehari-hari untuk dilakukan. Selain itu, untuk ibu yang mempunyai balita, sudah tentu antara melakukan pekerjaan rumah dan mengasuh si kecil menjadi pekerjaan yang harus dibagi baik waktu dan tenaga.

Untuk itu sangatlah penting memiliki waktu istirahat yang cukup. Karena tak sedikit ibu yang mengalami De Quervain Syndrome. Penyebab bisa terjadinya De Quervain Syndrome adalah karena sering melakukan aktivitas pekerjaan yang menahan beban dan berulang-ulang menggunakan tangan. Seperti misalnya menggendong bayi atau melakukan pekerjaan rumah tangga layaknya mencuci piring atau baju.

Foto: Istimewa

Gejala yang ditimbulkan karena De Quervain Syndrome adalah rasa nyeri dan terjadi pembengkakan di area styloideus radii (tulang lengan bawah yang menghubungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari). Nyeri terjadi saat digerakkan ke arah ulnar deviasi wrist joint, fleksi yang disertai adduksi ibu jari.

Nyeri juga terjadi akibat kelelahan dengan kurangnya kekuatan untuk menggenggam serta kemampuan menjepit. Pembengkakan biasanya terlihat pada kondisi yang bersifat kronik.

Namun sindrom ini dapat disembuhkan secara alami. Cara alami untuk sembuh dari de quervain syndrome adalah sebagai berkut:

Tips alami menyembuhkan de quervain syndrome

  • Istirahatkan tangan

Sebagai ibu rumah tangga yang super sibuk, jika mengalami rasa nyeri dan mengalami de quervain syndrome, rehatlah sejenak, istirahatkan tangan. Bila ingin mengerjakan sesuatu, istirahatkan dulu tangan selama 15 menit untuk menghindari pemakaian dan pergerakan jari tangan secara terus menerus.

  • Kompres

Jika nyeri sudah menyerang dan tak terhindarkan, kompres lah tangan dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Diamkan beberapa saat hingga nyeri perlahan hilang. Penyembuhan kompres ini harus dilakukan rutin, dan berkala.

  • Gunakan splint

Tangan yang banyak bergerak dan menumpukkan banyak beban, secara langsung membuat otot dan persendian cedera. Maka untuk mengatasi agar cepat sembuh, gunakan splint sebagai alat fiksasi agar tangan tidak  terlalu banyak bergerak saat melakukan aktivitas.

  • Lakukan pemijatan pelan-pelan

Selain menggunakan alat bantu, melakukan pemijatan lembut pada bagian yang terasa sakit akan memperlancar aliran darah. Pijatlah dalam kurun waktu yang sering.

Menyembuhkan de quervain syndrome membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar. Kunci utama dalam masa penyembuhan adalah bersabar. Lakukan tips penyembuhan di atas untuk penyembuhan secara alami. Jika kesembuhan tak kunjung datang dalam kurun waktu yang lama, segera hubungi dokter untuk kondisi dan perawatan lanjutan.

 

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: