Sedang Belajar Memasak, Ikuti Tips yang Ini

Perlu waktu dan proses untuk bisa menjadi ahli dalam memasak. Kemampuan ini harus terus dilatih dan dipraktekkan. Salah satunya bisa dipelajari dengan tips berikut.
, Majalah Kartini | 13/04/2019 - 10:00

Foto: Mashed.com

MajalahKartini.co.id – Memasak adalah hal yang sangat dirasa wajib bagi perempuan. Karena, memasak juga termasuk kegiatan beribadah. Nyatanya dari nenek hingga orang tua kita selalu memasak makanan yang begitu nikmat di rumah. Menghidangkan makanan enak yang diracik secara personal. Inilah yang terkadang menimbulkan kerinduan akan masakan rumah dan perasaan senang saat memakanannya.

Bagi seorang perempuan, khususnya yang sudah menikah, kepiawaian memasak merupakan sesuatu yang penting. Karena memasak menjadi salah satu cara untuk memberikan kasih sayang terhadap keluarga tercinta.

Dengan banyaknya jajanan yang dijual secara instan, membuat perempuan di zaman modern ini banyak yang merasa asing dengan kegiatan memasak. Karena cenderung lebih mudah membeli daripada membuat makanan.

Sebenarnya bukan suatu masalah jika perempuan tidak bisa memasak. Tapi bukan berarti tidak dipelajari sama sekali. Karena memasak bukanlah sesuatu yang langsung bisa dilakukan. Tetapi harus dilatih dan dipraktekkan secara langsung dan konstan. Berikut adalah tips bagi perempuan yang sedang belajar memasak.

Awali dengan Memasak Menu yang Mudah

Foto: Istimewa

Untuk memulai belajar memasak, cobalah memulai dengan menu masakan yang mudah untuk dipraktekkan. Seperti menggoreng telur, memasak mi, memasak nasi goreng, dan masakan-masakan lainnya yang mudah untuk dibuat.

Tidak perlu berkecil hati jika hanya bisa memasak masakan yang mudah. Karena itu termasuk bagian dari proses. Setelahnya pasti akan bisa secara bertahap melanjutkannya dengan masakan yang lebih sulit lagi.

Ikuti Panduan Resep Masakan

Foto: Istimewa

Resep masakan ini sangat penting. Jika kebingungan mencari dan memasak apa yang akan dimasak, maka alangkah baiknya membeli buku resep makanan. Atau bisa juga men-download aplikasi memasak di ponsel. Cara lain yang bisa dilakukan adalah melihat resep di internet, atau menonton saluran memasak YouTube. Ikuti dan praktekkan langkah-langkah yang sudah dibaca atau ditonton.

Belajar Mengenali Bumbu-bumbu Masakan

Foto: Istimewa

Bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan bervariasi. Mungkin banyak perempuan yang masih belum dapat membedakan bumbu-bumbu masakan yang satu dengan yang lainnya. Seperti belum tahu perbedaan kunyit dan jahe, lada dan ketumbar, dan bumbu masakan lainnya.

Sangat penting untuk memahami bumbu-bumbu dan rempah-rempah. Sebab itulah racikan utama penggugah rasa dan selera suatu makanan. Untuk permulaan, di zaman yang serba digital, kita bisa langsung mengetahui bentuk, rasa dan cara pengolahan bumbu dan rempah itu seperti apa melalui selancar internet.

Setelah mengetahuinya, belanjalah ke pasar atau minimarket terdekat. Maka dengan melakukan hal seperti itu akan memperluas pengetahuan mengenai bumbu masakan dan di mana tempat membelinya, serta bagaimana cara pengolahannya.

Baca juga: Intip Resep Memasak Ayam Goreng Crispy Ala Restoran

Jangan Takut Gagal dan Bereksperimen

Foto: Istimewa

Jika sudah memahami bagaimana mengolah bumbu dan mengerti cara memasaknya, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencoba dan mempraktekkannya langsung di dapur.

Praktek ini sangat penting. Karena merupakan suatu proses belajar. Walaupun misalnya pada prakteknya mengalami kegagalan dalam memasak, itu merupakan sesuatu yang wajar. Karena proses memasak butuh waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan.(*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: