Cara Membaca yang Benar agar Tidak Merusak Mata

Selain dengan cara aman agar mata terhindar dari masalah saat membaca, merawat mata juga salah satu hal yang paling penting. Karena mata adalah organ penting pada manusia. 
, Majalah Kartini | 27/03/2019 - 10:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id Membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat. Ilmu bisa didapat dengan melihat, membaca dan menyerap teks yang kemudian menghasilkan sebuah informasi dan menjadi suplai ilmu bagi otak.

Tapi siapa sangka, membaca juga mempunyai dampak berbahaya. Mengingat aktivitas membaca menggunakan panca indra “mata” maka kesehatan mata pun harus dijaga dengan optimal. Sebab dari beberapa kasus, akibat kelalaian dalam membaca, dan enggan mencari tahu cara membaca dengan benar, dapat menimbulkan masalah pada kesehatan mata.

Masalah yang ditimbulkan bervariasi. Mata lelah dapat menimbulkan sakit kepala, pegal-pegal dan sakit di bagian punggung. Berikut cara membaca yang benar agar tidak merusak mata:

Posisi Duduk Tegak

Membaca merupakan proses menggali ilmu yang harus dilakukan dengan senyaman mungkin. Hindari melakukan aktivitas membaca dengan posisi berbaring. Memang posisi berbaring sangat nyaman, tapi posisi ini menimbulkan lekukan di daerah leher yang dapat mengganggu aliran darah ke otak. Hal ini dapat meninggikan tekanan mata yang nantinya berkembang jadi gangguan mata lain yang juga tak kalah membahayakan.

Maka, membaca yang menyehatkan mata adalah dengan duduk tegak nyaman. Dan jarak membaca sekitar 25 – 30 cm dari penglihatan.

Pencahayaan yang Cukup

Dalam aktivitas membaca, kita meski fokus kepada tulisan. Idealnya pecahayaan diarahkan ke objek bacaan/teks. Hal yang terpenting adalah sekitar tempat membaca juga harus sama terang. Yang perlu diperhatikan bukan sekadar besaran watt lampu, tapi juga warnanya.  Sebaiknya menggunakan lampu warna putih, karena jika Anda menggunakan selain warna putih, akan mudah melelahkan mata.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Menjaga kesehatan mata adalah cara terbaik agar Anda dapat membaca dengan aman dan nyaman. Artinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin C dan E, serta lutein, asam lemak dan omega 3 yang diketahui sangat dibutuhkan oleh mata. Karena kandungan tersebut selain menyehatkan mata, juga dapat membantu mata kita agar terhindar dari katarak dan degenerasi macula.

Selingi dengan Istirahat

Jika membaca adalah hobi, maka membaca dengan waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping lainnya seperti pegal akan datang menghampiri. Untuk itu, dengan lamanya daya baca, sekilas harus diselingi dengan istirahat mata. Seperti melihat selama 10 – 15 menit ke luar jendela, agar mata tidak lelah berkonsentrasi memfokuskan pada objek teks. Sedikit rebahan sekadar memejamkan mata juga baik untuk solusi menghilangkan rasa lelah pada mata.(*)

Baca juga: Ketahui Penyebab Cedera Mata dan Cara Mengatasinya

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: