Trik Jitu Merawat Celana Jeans agar Tetap Awet

Lima hal berikut bisa membantu celana jeans menjadi lebih awet dan tahan lama.
, Majalah Kartini | 13/04/2019 - 18:00
jeans

 Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Celana jeans menjadi salah satu item fesyen yang wajib dimiliki oleh kaum perempuan. Memiliki bahan yang kuat dan terlihat trendi serta fashionable saat digunakan, menjadi salah satu alasan mengapa celana ini menjadi incaran kaum perempuan. Namun karena bahannya yang unik, celana ini memerlukan penanganan khusus agar awet dan tahan lama. Nah berikut tips agar celana jeans menjadi lebih awet dan tahan lama:

  1. Jangan terlalu sering dicuci

Celana dengan bahan denim ini disarankan untuk tidak dicuci terlalu sering. Pencucian yang terlalu sering akan menyebabkan warna lebih cepat pudar dan merusak serat kain. Celana yang satu ini bisa dicuci setelah 4 hingga 5 kali pemakaian.

  1. Simpan celana di dalam kulkas

Setelah sekali pemakaian, taruh celana di dalam kulkas untuk menghilangkan bakteri. Rendahnya suhu dari lemari es dapat mencegah dan menghilangkan bakteri pada celana. Sehingga rasa gatal karena bakteri di pemakaian selanjutnya tidak akan terjadi.

Baca Juga : Ketahui Dampak Negatif Terlalu Sering Memakai Celana Jeans Ketat

  1. Jangan mencuci menggunakan mesin cuci

Dalam sebuah wawancara, CEO brand “Levi’s” Chip Bergh mengakui bahwa celana jeans miliknya tidak pernah masuk ke dalam mesin cuci. Menurutnya mencuci celana jeans di mesin cuci membuat boros air dan menyebabkan kain menjadi cepat rusak.

  1. Cucilah dengan warna senada

Komposisi warna pada celana jeans cepat menjadi pudar jika tidak ditangani dengan benar. Mencuci dengan pakaian lain yang memiliki warna senada akan mencegah warna celana jeans tidak bercampur dengan zat kimia dari warna lain yang menyebabkan pudar.

  1. Rendam dengan air cuka dan garam

Merendam celana jeans dengan air cuka dan air garam menjadi salah satu cara ampuh menjaga warna pada celana. Campuran kedua bahan ini disebutkan juga ampuh untuk membantu menghilangkan noda yang menempel dan sulit hilang pada kain celana.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: