Kulit Berminyak juga Butuh Pelembab

Meski pelembab dianjurkan untuk kulit kering, tidak berarti wajah yang berminyak tidak membutuhkannya.
, Majalah Kartini | 17/02/2017 - 15:47

Kulit Berminyak juga Butuh Pelembab

MajalahKartini.co.id – Perempuan banyak menghadapi masalah kulit pada usia remaja seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering dan muncul bintik hitam. “Remaja umumnya berminyak karena ketidakseimbangan hormonal jadi minyak bertambah,” kata dokter spesialis kulit dan kelamin dr. R. Amanda Sumantri, SpKK.

Minyak di wajah itu nantinya akan menimbulkan jerawat dan dapat menimbulkan noda merah atau hitam pada wajah. Meski pelembab dianjurkan untuk kulit kering, tidak berarti wajah yang berminyak tidak membutuhkannya. “Kulit berminyak butuh pelembab yang tidak menambah grease tapi menambah kelembaban,” kata Amanda.

Untuk itu, pemilik wajah berminyak sebaiknya menghindari pelembab yang berbentuk salep karena terlalu banyak mengandung minyak. “Pakai lotion, gel atau krim,” kata Amanda.

Pelembab pada dasarnya terdiri dari tiga jenis, yaitu yang masuk ke sel kulit, yang menutupi supaya air tidak menguap dan yang menarik air dari lingkungan agar muka lembab lebih lama (humektan). “Kalau di negara tropis pakai yang dasarnya humektan,” kata Amanda. (ANT/Foto:

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: