3 Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Meski ngemil menyenangkan, tetapi kebiasaan ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan jika tidak terkontrol.
, Majalah Kartini | 28/08/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Tanpa Anda sadari, terkadang Anda makan bukan karena lapar, melainkan sedang dalam keadaan stres. Mengunyah merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres, sehingga rasa lapar atau hasrat untuk makan terus muncul dalam pikiran, meskipun perut Anda sesungguhnya tidak lapar. Inilah penyebab kebiasaan ngemil atau makan dalam jangka waktu berdekatan menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Padahal, terlalu sering ngemil dapat berakibat buruk untuk kesehatan lho. Mulai dari ancaman obesitas hingga penyakit berbahaya lainnya.   Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan ngemil? Berikut ini jawabannya!

Minum Air

Jika Anda merasakan ada dorongan untuk makan atau mengonsumsi sesuatu, jangan langsung makan makanan. Cobalah minum segelas besar air putih dulu dan tunggu beberapa menit. Jika tubuh tidak lapar, maka mengonsumsi air putih dapat memudarkan keinginan makan dalam pikiran Anda, karena tubuh sebenarnya hanya membutuhkan cairan (air).

Makan Banyak Protein

Makan lebih banyak protein bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, dengan demikian hasrat untuk ngemil pun dapa terhindar atau tidak muncul.

Tidur Cukup

Nafsu makan Anda sangat dipengaruhi oleh hormon yang berfluktuasi sepanjang hari. Kurang tidur dapat mengganggu fluktuasi hormon, dan dapat menyebabkan peraturan nafsu makan yang buruk serta hasrat makan yang kuat. Dengan tidur 7 – 8 jam sehari kita dapat menstabilkan hormon kita. (*)

 

 

BAGIKAN HALAMAN INI: