Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru

Keluarga baru tentu harus memiliki sistem perencanaan yang baru. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar mengatur keuangan keluarga transparan.
, Majalah Kartini | 18/02/2017 - 12:00

2_Production-Perig_shutterstock_232913770

MajalahKartini.co.id – Memulai hidup berumah tangga tentu akan berbeda dari sebelum menikah. Akan ada kebiasan baru yang muncul di dalam kehidupan Anda, salah satunya dalam masalah keuangan.

Saat belum menikah Anda mungkin tidak terlalu terbuka untuk masalah keuangan kepada pasangan. Hal ini tidak bisa dilakukan ketika sudah menikah. Anda harus transparan kepada pasangan. Dikutip dari cermati.com, berikut tips untuk bisa berdiskusi masalah keuangan dengan pasangan:

1. Bicarakan tujuan dan kebiasaan keunangan
Anda dan pasangan pasti memiliki kebiasaan dalam mengatur keunangan. Sangat penting Anda dan pasangan membicarakan hal ini sejak awal. Agar perbedaan pandangan dan berbagai hal lainnya bisa terlihat jelas. Hal ini akan membantu Nada dan pasangan untuk mengatur tujuan, target serta berbagai hal lainnya yang dibutuhkan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Tak perlu sungkan karena akan lebih baik jika sudah terbuka mengenai hal ini sejak awal.

2. Terbuka mengenai kondisi keuangan yang sebenarnya
Hal lain yang wajib dilakukan bersama pasangan yakni terbuka mengenai kondisi keunangan Anda berdua. Mulailah menghitung berbagai aset yang sedang dimiliki. Lakukan hal ini dengan teliti dan berdasarkan berbagai dokumen yang Anda serta pasangan miliki. setelah itu Anda dan pasangan dapat melihat jumlah kekayaan yang dimiliki. diwaktu inilah Anda dan pasangan dapat saling memberitahu berbagai hal didalam keuangan secara detil. Bahkan untuk hal yang belum diketahui sebelumnya satu sama lain.

3. Tentukan tujuan keuangan keluarga
Membangun keluarga baru tentu harus disertai dengan tujuan keuangan yang baru. Anda dan pasangan dapat mendiskusikan hal ini serta menentukan tujuan keuangan Anda selama beberapa tahun ke depan.

4. Atur anggaran keuangan dengan tepat
Setelah menikah, akan ada banyak perubahan di dalam keuangan. Dengan begitu penting bagi Anda dan pasangan untuk membuat anggaran keunangan yang baru. Buatlah susunan sebuah anggaran yang cerdas dengan komposisi yang tepat agar keunagan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

5. Tentukan juru bayar di dalam keluarga
Pembayaran tagihan lebih baik diurus oleh satu orang saja, baik itu Anda atau pasangan. Hal ini akan memudahkan proses pembayran. Jangan lupa untuk membahas masalah tagihan ini secara berkala, sehingga bisa dievaluassi dengan baik dan teratur.(Winggi/Foto: GOBankingRates)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: