Tips Aman Gunakan Sabuk Pengaman Saat Hamil

Untuk memastikan bahwa Anda dan bayi terlindungi dengan baik, penting untuk memposisikan sabuk pengaman Anda dengan benar.
, Majalah Kartini | 27/02/2017 - 15:45

Tips Aman Gunakan Sabuk Pengaman Saat Hamil

MajalahKartini.co.id – Untuk mentaati peraturan berkendara, setiap orang harus menggunakan sabuk pengaman ketika bepergian menggunakan mobil, tidak terkecuali ibu hamil. Banyak kekhawatiran yang dirasakan oleh ibu hamil ketika menggunakan sabuk pengaman, salah satunya takut mencederai bayinya. Namun, hal tersebut adalah salah justru sabuk pengaman akan melindungi ibu maupun bayi, jika terjadi kecelakaan.

Cara menggunakan sabuk pengaman untuk ibu hamil tentunya berbeda dari biasanya, karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar sabuk tidak menekan bayi di dalam perut.

1. Posisikan sabuk pengaman di pinggang serendah mungkin di bawah panggul.

2. Ulurkan sabuk pengaman hingga menutupi bahu dan posisikan sabuk pengaman melewati dada.

3. Hindari memakai sabuk pengaman di sekitar perut karena bagian ini pasti membesar. Selain itu juga berisiko bagi janin.

4. Jika terjadi pergeseran sabuk pengaman saat berkendara di jalan, maka berhentilah sejenak dan atur ulang sabuk pengaman kamu.

5. Apabila masih susah memasang posisi sabuk pengaman yang nyaman, silahkan memakai adaptor sabuk pengaman yang dirancang untuk digunakan ibu hamil.

Banyak wanita khawatir jika mereka kecelakaan, sabuk itu sendiri yang akan menyakiti bayi mereka. Justru yang benar adalah sebaliknya. Sabuk pengaman sebenarnya membantu melindungi kandungan Anda dari hantaman saat kecelakaan.

Sebagian besar cedera kehamilan terkait dengan kecelakaan mobil terjadi karena wanita bergerak maju dari tempat duduknya dan bertabrakan dengan sesuatu yang keras. Sebuah penelitian terbaru di Kuwait (di mana wanita tidak menyadari bahaya tanpa sabuk pengaman), menunjukkan bahwa para wanita yang memilih untuk tidak mengenakan sabuk pengaman mengalami luka jauh lebih besar ketimbang wanita yang memakai satu sabuk pengaman. (Foto: Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: