Simak 7 Cara Agar Jantung Anda Tetap Sehat

Sebagian besar faktor risiko penyakit kardiovaskular dapat dikendalikan. Seperti apa caranya?
, Majalah Kartini | 28/09/2016 - 12:30

MajalahKartini.co.id -Menyambut Hari Jantung Sedunia berikut sejumlah tips yang dilansir dari laman world-heart-federation.org tentang cara melindungi jantung Anda:

– Gerak aktif
30 menit aktivitas sehari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Cobalah untuk latihan fisik secara rutin misalnya: menggunakan tangga daripada lift, turun dari bus berhenti di beberapa jarak sebelumnya dan berjalan sisanya.

– Berhenti merokok dan melindungi diri dari tembakau
Risiko Anda terkena penyakit jantung koroner akan dibagi dua dalam waktu satu tahun dan akan kembali ke tingkat normal dari waktu ke waktu. Hindari lingkungan yang penuh asap: paparan asap rokok secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung.

– Menjaga berat badan
Menjaga berat badan yang sehat dan membatasi asupan garam akan membantu untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

– Kontrol tekanan darah
Usahakan agar tekanan darah Anda terkontrol dengan rutin melakukan pengecekan. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko nomor satu untuk stroke dan faktor utama bagi sebagian penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol darah tinggi dan gula juga dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar.

– Makan sehat
Makan banyak buah dan sayuran segar, berbagai produk gandum, daging tanpa lemak, ikan, kacang polong, kacang-kacangan, lentil, dan makanan rendah lemak jenuh. Waspada terhadap makanan olahan, yang seringkali mengandung kadar garam yang tinggi.Dan yang terpenting minum banyak air.

– Mengetahui tanda-tanda peringatan
Serangan jantung sering menampakkan diri secara berbeda pada perempuan dibandingkan pada pria. Pelajari tanda-tanda peringatan: segera mencari pertolongan, semakin besar kemungkinan untuk pulih.

– Hati-hati minum obat
Mengonsumsi obat sesuai resep dari dokter Anda. (Foto : Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: