Rutin Donor Darah, Turunkan Risiko Serangan Jantung

Donor darah juga memperpanjang usia karena lebih sehat, sekaligus membantu menyelamatkan nyawa.
, Majalah Kartini | 04/08/2016 - 23:36

Rutin Donor Darah, Turunkan Risiko Serangan Jantung

MajalahKartini.co.id – Minimnya kesadaran perempuan mendonorkan darah dipengaruhi beragam ketakutan dan mitos yang beredar. Salahsatunya mitos bahwa mendonorkan darah akan membuat Anda tambah gemuk.

“Padahal justru, darah memang membuat sampai sekitar tujuh persen dari berat badan Anda, namun memberikan darah tidak akan menurunkan kekuatan. Selain itu, begitu banyak manfaat donor darah bagi perempuan. Yakni, menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar,” jelas dr. Linda Lukitasari Waseso, Ketua Bidang UTD dan RS PMI, pada acara donor darah Tupperware Indonesia di Jakarta, Jumat (22/7).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sebuah penelitian menunjukkan rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindar dari kanker dan stroke.”Yang terpenting harus menjalankan pola hidup sehat,” tambahnya.

Pada event utama donor darah yang diselenggarakan Tupperware Indonesia bekerjasama PMI Indonesia juga diselenggarakan di F1 Atrium, FX Sudirman, Jakarta Pusat pada (22/7). Dalam acara tersebut, Tupperware Indonesia mengundang masyarakat terutama para perempuan untuk mendonorkan darahnya.

Gerakan sosial tersebut juga dihadiri Valencia Mieke Randa dari komunitas Blood For Life. Turut mendukung event ini, Komunitas-komunitas perempuan antara lain Womanpreneur Community dari Komunitas Wirausaha Indonesia, Women on Wheels Chapter Indonesia dari Komunitas Motor Besar Wanita Internasional, Cabang Indonesia, Oneng Berlarian (OBLER) Komunitas Pelari Wanita Indonesia, MAHILA Auto Female Komunitas Otomotif Wanita Indonesia, REBELS Softball Club Klub Softball Indonesia, Legong Kite Society Komunitas Pelayang Wanita Indonesia, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Blood for Life Indonesia (BFL), HijabersMom Community dan Hijabers Community.

Tak hanya acara donor darah, banyak kegiatan seru dalam acara ini. Terdapat Garansi Booth, dimana masyarakat bisa pula menukarkan produk Tupperware mereka yang rusak dengan yang baru karena Tupperware memberikan garansi seumur hidup kepada masyarakat. Tupperware Experience & Cooking Demo juga hadir, agar masyarakat bisa mencoba secara langsung pengalaman beragam produk Tupperware. (Andim/Foto : Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: