Olahraga Lari Aman Tanpa Cedera

Saat mengacuhkan pemanasan dan latihan ringan, akan membuat masalah pada lutut, pinggul dan juga punggung.
, Majalah Kartini | 02/03/2017 - 08:06

Olahraga Lari Aman Tanpa Cedera

Majalahkartini.co.id – Lari merupakan olahraga yang paling dipilih banyak orang karena mudah, murah, dan sederhana untuk dilakukan. Meskipun terlihat sederhana, tanpa disadari ada risiko cedera yang mungkin terjadi saat berlari ataupun sesudahnya.

Pelatih dari Road Runners Club America, Jason Saltmarsh mengatakan penyebab dari cedera saat berolahraga adalah tidak adanya keseimbangan struktural tubuh dan kurangnya pemanasan atau latihan ringan sebelum berolahraga. Banyak orang yang masih mengabaikan kedua penyebab cedera tersebut.

Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus, akan menyebabkan masalah pada lutut, pinggul dan juga punggung. Jason kembali mengatakan, tidak seimbangnya struktural terjadi pada saat otot tubuh lemah dan membutuhkan organ lain untuk membantu menyeimbanginya. Kesetidakseimbangan struktural ini juga terjadi akibat posisi kaki atau bagian tumit yang salah. Untuk menghindari terjadinya cedera saat berolahraga ada beberapa tips yang disampaikan oleh Jason.

1. Berjalan kaki
Seseorang yang ingin berolahraga lari, bisa dimulai dengan pemanasan yakni berjalan kaki. Kegiatan ini bisa membantu otot, sendi tulang dan juga tendon pada tubuh agar menjadi lebih kuat. Dengan begitu hal ini bisa mengurangi risiko cedera ketika Anda berlari.

2. Pemanasan
Lakukan pemanasan ringan selama 10 menit setelah berjalan kaki. Peregangan otot atau peregangan statis akan mampu menjaga kestabilan otot tubuh ketika Anda memulai berolahraga lari.

3.Ketahui berat badan
Saat Anda berlari, lutut akan menahan beban sebanyak empat kilogram dari total berat badan. Dengan begitu program latihan yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengetahui kapan dan seberapa besar tenaga yang harus dikeluarkan saat berlari.

4. Latihan rutin
Program latihan saat ini bisa Anda dapatkan di tempat kebugaran atau beberapa komunitas olahraga lari. Apabila tidak ada waktu untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa meminta bantuan program latihan yang tepat untuk memulai olahraga lari dengan mencoba aplikasi pada ponsel pintar.

5.Memilih sepatu olahraga
Agar nyaman saat berlari, sesuaikan tapak sepatu dengan kaki Anda. carilah sepatu yang menggunakan bahan peredam dan juga kelenturan yang baik. Selain itu tentu saja pilih berat sepatu yang tepat. Disarankan untuk mengganti sepatu saat Anda sudah merasa tidak nyaman lagi menggunakannya. (Foto: Shutterstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: