Menabung Menjadi Hal Sulit Bagi Beberapa Kepribadian Ini

Dengan menabung akan membantu keuangan Anda semakin membaik.
, Majalah Kartini | 11/03/2017 - 18:00

person holds credit card over keyboard

MajalahKartini.co.id – Menyisihkan sebagian pendapatan bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan dalam hidup. Dari kecil Anda pasti sudah diajarkan untuk menabung oleh orang tua. Untuk melakukan hal ini bagi sebagian orang masih sangat sulit untuk memulainya atau melakukannya. Padahal dalam pengelolaan keuangan, menabung merupakan salah satu poin yang akan membantu Anda dalam mencapai target serta tujuan keuangan.

Menabung bukanlah kegiatan yang sepele. Karena jika Anda tidak bisa menabung kemungkinan besar akan mengalami masalah investasi . Selain itu masalah kepribadian juga bisa berpengaruh ketika Anda sulit untuk menyisihkan uang Anda. Di kutip dari cermati.com, berikut beberapa tipe kepribadian yang pada umumnnya mengalami masalah terkait dengan pengelolaan uang.

1. Pribadi yang selalu gelisah (The Insecure)
Dengan kepribadian ini, seseorang akan memiliki keputusan yang kian berubah. Selain itu juga akan melakukan pengeluaran yang tidak perlu. Pribadi yang selalu gelisah ini tidak akan yakin dengan pilihannya sendiri. Tentu saja kondisi ini dimanfaatkan oleh marketing dengan baik. Dengan begitu pemasar akan berusaha menyakinkan si pemilik pribadi ini bahwa barang yang dijual merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan. Dengan begitu Anda akan terpengaruh dan kemudian membeli barang tersebut. Saat ada barang baru, pemasar kembali mempengaruhi Anda agar mau membeli barangnya.

Ketika hal ini terus terjadi, tentu Anda akan menjadi konsumtif untuk membeli apapun barang yang ditawarkan oleh penjual. Tentu saja pengeluaran Anda akan selalu lebih besar dari pendapatan nantinya. Disarankan Anda mulai mengenali kebutuhan Anda dan kemudian belajar mengabaikan berbagai godaan untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. The Impulsive, pribadi yang terdorong dari gerak hati
Maraknya berbagai situs belanja secara online memang memnudahkan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun di sisi lain akan menyebabkan seseorang untuk menahan gerak hatinya. Saat Anda bisa mengontrol diri dengan baik, adanya situs belanja online tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki pribadi The Impulsive, tentu hal ini akan menjadi masalah yang serius untuk keuangan Anda.

Saat Anda mengikuti gerak hati untuk belanja, besar kemungkinan Anda akan menghabiskan uang yang banyak. Padahal belum tentu semua barang yang Anda beli benar-benar memberi manfaat. Keadaan ini tentu akan membuat Anda tidak bisa menabung dengan baik.

3. The Impatient, pribadi yang tidak sabar
Ketidaksabaran saat menjadi sebuah kebiasaan untuk membeli sesuatu barang akan memicu malapetaka terhadap keuangan Anda. Anda akan membeli apapun dengan segera meskipun harga barang tersebut mahal. Jika Anda mau bersabar tentu Anda akan mendapatkan penawaran yang menguntungkan. Dengan begitu, ini sudah tidak asing jika pribadi yang satu ini memiliki sifat boros. Kebiasaan membeli barang tanpa membandingkan harga terlebih dahulu merupakan kebiasaan yang buruk. Hal ini tentu akan membawa masalah besar terhadap keuangan Anda.

4. The Fearful, pribadi yang penakut
Segala kegiatan yang berhubungan dengan keuangan memang memiliki risiko. Salah satunya adalah melakukan investasi. Investasi memang merupakan poin penting yang akan mengantarkan keuangan Anda menjadi lebih baik.

Dengan begitu dibutuhkan keberanian saat melakukan hal ini. jika Anda memiliki pribadi yang takut dalam melakukan investasi, mungkin keuangan Anda tidak akan berkembang dengan lambat atau tidak sama sekali.(Winggi/cermati.com/Foto: Choice)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: