Yuk Kenali Perbedaan Down Syndrome dengan Autisme

Perbedaan kelainan down syndrome dengan autisme.
, Majalah Kartini | 21/03/2019 - 20:00
down syndrome

Foto: Istimewa

Autisme kerap kali disamakan dengan Down Syndrome oleh masyarakat. Padahal sebetulnya, keduanya merupakan jenis kelainan yang berbeda. Mulai dari penyebab hingga ciri-ciri fisik, down syndrome dengan autisme memiliki banyak perbedaan. Berikut penjelasannya:

Kelainan Genetik

Down syndrome merupakan penyakit bawaan yang memiliki kelainan kondisi genetik sejak anak berada di dalam kandungan. Seseorang dengan down syndrome mengalami kesalahan pada kromosom nomor 21 pada tubuhnya yang menyebabkan ia memiliki semua atau sebagian salinan ketiga dari kromosom 21.

Kelainan down syndrome yang juga sering disebut dengan trisomi 21 dan biasanya banyak memengaruhi anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Pada anak, tanda yang paling khas adalah adanya keterbelakangan perkembangan fisik dan mental.

Baca Juga : Kedai Kopi dengan Seluruh Karyawannya Penyandang Down Syndrome

Anak dengan down syndrome juga sangat mudah dikenali dari bentuk wajahnya wajahnya yang khas  seperti dahi, dan hidung yang tampak lebih datar sedangkan kepala, telinga, dan mulut memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan orang pada umumnya.

Gangguan Otak

Autisme merupakan kondisi di mana seorang anak memiliki gangguan otak sejak lahir sehingga mengalami keterlambatan pada perkembangannya. Berbeda dengan down syndrome, autisme tidak disebabkan oleh kelainan gen.

Pada dasarnya anak dengan autisme memiliki IQ yang sama bahkan lebih dari rata-rata anak pada umumnya. Namun karena memiliki perbedaan di otaknya, mereka memiliki masalah sensorik yang membuatnya lebih sensitif terhadap rangsangan dari luar. Penyandang aautisme umumnya kesulitan berkomunikasi dan interaksi dengan sekitar.

Penyebab autisme dapat dipengaruhi oleh faktor genetik atau pun pengaruh lingkungan, seperti terkena penyakit infeksi atau bahan-bahan logam berat yang tercemar sejak anak berada di dalam kandungan.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: