Tidur Terlalu Cepat, Indikasi Adanya Gangguan

Orang yang bisa dikatakan memiliki gangguan ketika ia terlelap dalam tidurnya hanya dalam hitungan detik.
, Majalah Kartini | 27/03/2019 - 18:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Seseorang cenderung mengalami insomnia karena sulit untuk memejamkan mata. Bahkan tidak sedikit sampai meminum obat tidur agar bisa segera mungkin beristirahat. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang mudah terlelap ketika sudah berada di atas kasur.

Kondisi seperti ini bisa dikatakan normal, jika orang tersebut terlelap ketika tidur dalam waktu hitungan 5 – 15 menit dari ia mulai berada di atas kasur. Dan bisa dikatakan memiliki gangguan ketika ia terlelap dalam tidurnya hanya dalam hitungan detik.

Baca Juga: Jangan Lupa Minum Air Putih Sebelum Tidur

Dikutip dari Boldsky, kondisi saat mata langsung tidur bahkan sebelum 5 menit berselang menandakan adanya gangguan. Normalnya, orang bisa tertidur setelah 5 menit lebih sampai 15 menit. Namun, ketika baru saja memejamkan mata dan langsung tertidur, ini bisa menjadikan hal yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Ternyata Kamar Bersuhu Dingin Membuat Tidur Berkualitas

Banyak orang percaya, orang akan baik jika tertidur dalam sekejap. Sikap ini dapat memicu kecemasan ketika waktu tidur tidak cepat, lebih lanjut menunda tidur. Namun, dalam medis dikatakan, orang tersebut bisa jadi mengalami masalah pada gejala kantuk yang berlebihan atau gangguan tidur.

Kualitas tidur yang buruk juga bisa menjadi penyebab mudah sekali terlelap dan buruknya kondisi ini, bisa menandakan adanya gangguan sleep apnea, yakni gangguan yang ditandai dengan dengkuran yang keras serta gertakan gigi tanpa sadar. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?

Baca Juga: Ada Risiko Kesehatan Akibat Sering Mendengkur Saat Tidur!

Ubah pola tidur adalah solusi efektif yang bisa dilakukan dan usahakan untuk memberikan tubuh waktu tidur yang sesuai. Jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit. Selain itu, hindari stres berlebih dan jaga nutrisi makan karena akan berpengaruh pada pola tidur.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: