Pentingnya Pijat untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tak hanya disukai oleh orang dewasa, bayi juga ternyata senang dipijat! Bayi dapat merasa rileks dan memperoleh banyak manfaat.
, Majalah Kartini | 16/09/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Tidak perlu takut memberikan treatment pijat kepada bayi Anda, karena terdapat segudang manfaat dibaliknya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mempererat ikatan batin antara orang tua dan bayi

Saat melakukan stimulasi pijat, secara tak langsung terjadi kontak antara orang tua dan bayi, seperti kontak fisik, kontak mata dan kontak batin.  Hal ini membuat hubungan orang tua dan bayi menjadi semakin dekat. Selain itu, saaat dipijat, bayi akan merasa bahwa dirinya mendapat kasih sayang dari  orangtuanya.

Bayi merasa nyaman dan rileks

Seperti pada orang dewasa, pijatan pada bayi juga akan melancarkan sirkulasi darah bayi sehingga membuat bayi merasa rileks. Tak hanya itu, stimulus pijat juga akan menurunkan hormon stres bayi sehingga bayi akan menjadi lebih ceria. Dengan berada pada kondisi nyaman dan rileks, bayi juga akan memudahkan bayi untuk tertidur pulas.

Melatih kepekaan indra peraba dan saraf bayi

Melalui stimulasi pijat, secara tak langsung Anda juga melakukan stimulasi lain seperti stimulasi auditori, yaitu pendengaran dan stimulasi visual yaitu pengelihatan. Semua stimulus ini akan membuat saraf bayi terus berkembang kepekaannya. Indra peraba bayi tentu akan terlatih juga melalui sentuhan-sentuhan yang Anda berikan.

Meningkatkan frekuensi menyusu bayi

Bila Anda khawatir dengan bayi Anda yang mungkin memiliki frekuensi menyusu yang rendah sehingga rawan kekurangan nutrisi, Anda bisa melakukan pijat bayi. Pijat bayi terbukti dapat mengatasi masalah frekuensi menyusu bayi yang rendah. (*)

 

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: