Melalui Proses Pengobatan yang Benar, TBC Bisa Sembuh

Mengobati TB harus sampai tuntas, agar tidak mengalami TB kebal obat.
, Majalah Kartini | 19/01/2018 - 16:02

MajalahKartini.co.id – Penyakit TBC ini adalah penyakit lama terjadi hampir di seluruh dunia dan penanganannya tidak sederhana. “Banyak orang menganggap penyakit ini sudah selesai, padahal masih banyak ditemukan di Indonesia dengan status menjadi peringkat kedua,” ujar Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro dalam diskusi media massa yang digelar  oleh FSTPI di Kantor Pusat PPTI, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (16/1).

TBC merupakan suatu penyakit yang memiliki kekhususan, proses pengobatannya terdiri dari kombinasi beberapa jenis obat dalam jumlah dan dosis dan waktu tertentu, selama 6-9 bulan. Melalui proses pengobatan yang benar sesuai dengan anjuran dokter, pasien TBC dapat disembuhkan.

Baca Juga: Ini Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang TBC

“Pada pengidap TBC, masa dua bulan pertama biasanya terlihat sembuh atau membaik. Hanya merasa sembuh pada dua bulan pertama, padahal kuman TB masih ada dan ada kuman. Begitu obat dihentikan maka kuman menjadi mutasi dan jadi resisten terhadap obat.
Mengobati TB harus sampai tuntas, agar tidak mengalami TB kebal obat yang pengobatannya bisa sampai 23 bulan,” papar  Ketua Pokja Directly Observed Treatment, Short-course (DOTS) dan TB-MDR RSUP Persahabatan, Dr dr. Erlina Burhan, Msc, Sp.P (K)

Upaya pencegahan, harus ada pencegahan tak fokus ada pengobatan saja. “Kita bisa cek kontaknya, siapa saja yang berisiko terkena TBC. Harus dievaluasi apakai ada TB ada atau tidak. Mencari sumber yang potensial menularkan. Kalau ada satu anak yang kena maka semua lingkungan juga dievaluasi,” tandas Erlina. (Foto: Ecka Pramita)

 

 

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: