Manfaat Menyimpan Irisan Bawang Putih di Daun Telinga

Menyimpan irisan bawang putih di daun telinga semalaman dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit telinga. Benarkah demikian?
, Majalah Kartini | 24/04/2019 - 10:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Aroma wangi dan khas bawang putih memang menggugah selera. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga sudah dikenal sejak lampau sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Masyarakat memang sudah mempercayai khasiat dari bawang putih. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa bawang putih dapat mengobati sakit telinga. Apakah benar? Bukan hanya itu, ternyata dalam penelitian yang dilansir Health Line, bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, hingga antijamur. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgetik yang juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi jika dikonsumsi.

Hal yang lebih unik lagi, masyarakat percaya bahwa dengan menyimpan irisan bawang putih di daun telinga, dan membiarkan bawang putih itu di sana selama semalaman dapat mengatasi berbagai penyakit telinga serta berbagai manfaatnya. Lantas, manfaat apa yang didapat dari menyimpan irisan bawang putih di daun telinga? Simak penjelasannya!

Foto: Istimewa

Health Line membuat artikel tentang manfaat bawang putih untuk telinga dalam mengatasi jamur dan infeksi. Berikut manfaat yang didapatkan dari kandungan bawang putih:

Sembuhkan Infeksi dan Sakit Telinga

Telinga berdenging dapat terjadi akibat infeksi yang terjadi pada cairan telinga di bagian tengah. Ini karena adanya bakteri masuk atau kemasukan debu.

Untuk pengobatan alternatifnya, Anda bisa menyimpan irisan bawang putih di daun telinga semalaman secara rutin. Cara ini dapat menyembuhkan telinga dari infeksi telinga tengah (Otitis Media). Kondisi ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan di belakang gendang telinga. Otitis media sangat umum menyerang anak-anak.

Selain Otitis Media, infeksi telinga luar (Otitis eksterna) juga dapat diatasi dengan kandungan bawang putih. Otitis eksterna disebabkan oleh paparan kelembapan dan pertumbuhan bakteri yang dipicu oleh air yang ada di saluran telinga. Manfaat bawang putih bagi telinga adalah untuk mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga tersebut.

Mengurangi Radang dan Penguat Sistem Imun Tubuh

Bawang putih yang bersifat anti radang bisa menyembuhkan serta mengurangi denyutan dan pembengkakan pada tubuh. Anti-bakterial dan anti-virus bawang bisa membunuh bakteri dan kuman di telinga.

Meski hanya diletakkan di telinga, selain sebagai obat radang, khasiatnya juga dirasakan tubuh dan meningkatkan sistem imun serta meningkatkan vitamin C, B6, Potassium kalsium dan serat dalam tubuh.

Membuat Kotoran Telinga Melunak

Kotoran telinga bisa melunak saat Anda meletakkan bawang di telinga. Hal ini bisa mempermudah Anda saat membersihkan telinga dan meminimalisir infeksi. Bawang yang digunakan untuk penyembuhan ini bukan bawang sembarangan. Pilihlah bawang putih organik, karena jika memakai bawang non-organik biasanya mengandung zat pestisida yang tidak aman untuk telinga.

Manfaat bawang putih untuk telinga memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Meskipun begitu, sudah banyak yang menikmati manfaat ini. Jika kondisi semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Amankah Membersihkan Telinga dengan Ear Candle?

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: