Ketahui Bahaya Infeksi Kronis pada Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Dengan pengobatan yang baik dan tepat komplikasi radang tenggorok dapat dihindari.
, Majalah Kartini | 02/11/2016 - 13:00

20161101_112952_crop_640x357

 

 

 

 

 

MajalahKartini.co.id – Bila tidak ditangani dengan baik infeksi akut pada tenggorok dapat menimbulkan komplikasi, karena dapat meluas ke daerah leher dalam dan menimbulkan abses, dimana akan terbentuk nanah di dalam leher yang sangat berbahaya. Sedangkan pada yang kronik dan sering menimbulkan serangan radang biasanya berhubungan dengan infeksi kronis pada tonsil (amandel) sehingga harus dilakukan operasi pengangkatan amandel yaitu tonsilektomi.

“Dengan pengobatan yang baik dan tepat komplikasi ini dapat dicegah,” kata dr. Syahrial M.Hutauruk, SpTHT-KL(K), Ketua Divisl Laring Faring Departemen THT FKUl/RSCM, pada media gathering Betadine Gargle and Mouthwash di Jakarta, Selasa (01/11).

Lebih lanjut dr. Syahrial mengatakan, pengobatan diberikan untuk menghilangkan gejala demam dan nyeri tenggorok, kadang juga diberikan obat batuk. Bila disebabkan infeksi virus pasien diberikan vitamin dan obat penguat daya tahan tubuh, sedangkan bila disebabkan infeksi bakteri akan diberikan obat antibiotik.

“Pada kasus yang disebakan infeksi ini baik oleh virus atau bakteri dapat ditambahkan obat kumur antiseptik untuk tenggorok, antara lain povidone-iodine. Obat kumur antiseptik ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada keadaan akut dan dapat mencegah serangan berulang pada keadaan kronik,” jelasnya.

Radang tenggorok karena infeksi, lanjut
Syahrial sangat sering ditemukan dalam masyarakat dan dapat ditularkan ke orang lain melalui udara atau makanan dan minuman. Pencegahan penularan dapat dilakukan dengan membiasakan pola hidup sehat. Memakan makanan sehat (healthy food) dan menjaga lingkungan agar tetap bersih baik di rumah ataupun tempat kerja.

“Pada keadaan dimana resiko penularan tinggi, misalnya ada teman sekantor atau sekolah atau anggota keluarga yang sedang menderita penyakit ini, orang yang masih sehat dianjurkan memperkuat daya tahan tubuh dengan minum vitamin dan dianjurkan berkumur dengan obat kumur antiseptik setiap habis makan. Penderita dianjurkan memakai masker atau dipersilahkan istirahat di rumah untuk mengurangi resiko penularan di tempat kerja atau di sekolah,” pungkasnya. (Foto : Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: