5 Minuman Detox yang Mudah dan Murah

Meskipun organ hati dapat mengatur kadar racun yang masuk ke tubuh, tapi detoksifikasi dengan mengkonsumsi minuman dari buah atau sayuran juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan menjadikan tubuh terasa bugar kembali.
, Majalah Kartini | 08/04/2019 - 20:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Kesibukan dan aktivitas yang melelahkan seringkali membuat tubuh menjadi lebih letih. Asupan makanan yang tidak sesuai malah menjadikan tubuh kita merasa lemas. Di samping itu, dengan pola makan yang tidak teratur akan menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan.

Daya tahan tubuh yang rendah, serta asupan makanan yang salah malah menjadi racun yang seringkali hinggap di tubuh dan menyerang kesehatan. Racun yang mengendap membuat nutrisi yang masuk sulit untuk diserap tubuh.

Tapi racun yang mengendap di dalam tubuh ternyata bisa dihilangkan dengan beberapa metode. Salah satunya dengan cara detoksifikasi dengan mengkonsumsi minuman dari buah atau sayuran. Meskipun organ hati dapat mengatur kadar racun yang masuk ke tubuh, tapi alangkah baiknya kita menjaga pola makan dan minum serta asupan makanan.

Metode detox ini sarat akan manfaat. Karena bahan yang diperoleh mudah didapat dan tentunya murah. Bahannya yakni buah dan yang padat gizi berguna bagi kesehatan dan kebugaran. Berikut adalah lima minuman yang membuat tubuh bugar sekaligus menghilangkan racun di dalamnya:

Air Lemon

Foto: Istimewa

Lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Buah yang berasa asam ini sangat dikenal dengan manfaatnya menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Selain itu lemon juga merupakan buah andalan untuk membuat infused water yang dikenal sebagai minuman detox.

Menurut United States Department Agriculture, jus lemon mengandung sekitar 18 miligram vitamin C yang bisa memenuhi lebih dari 20 persen kebutuhan harian. Selain membuang racun di dalam tubuh, lemon juga bisa menjadi booster untuk meningkatkan imunitas.

Jus Mengkudu

Foto: Istimewa

Boleh dikatakan, buah mengkudu adalah buah untuk kebugaran. Karena terdapat kandungan vitamin C, 30 persen dalam 100 gram. Manfaat lain yang terkandung dalam jus mengkudu  bisa mengatasi paparan asap rokok sebesar 40 persen, dikutip dari Free Radical Research Group University of Athens tahun 2009 lalu.

Kombucha

Foto: Istimewa

Sebagai minuman detoks, kombucha juga dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Minuman yang mengandung antiradang ini mengandung dua vitamin, yakni vitamin A dan B. Mulai dari meningkatkan kekebalan, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga berperan sebagai minuman detoks.

Jika penyajian kombucha dengan cara difermentasi sehingga membuat minuman ini kaya akan probiotik atau bakteri baik. Bakteri baik di dalam kombucha diketahui dapat menangkal serangan bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan.

Jus Seledri

Foto: Istimewa

Sayuran yang kerapkali dipakai sebagai bumbu penyedap pada masakan, ternyata mempunyai manfaat lain. Seledri yang kaya antioksidan membuat orang untuk berinovasi mengambil manfaatnya. Maka membuat jus seledri adalah jalan untuk menikmati makanan yang kaya akan manfaat itu menjadi sebuah minuman yang menyegarkan.

Tak hanya itu, antioksidannya pun berfungsi memaksimalkan kerja hati, yang merupakan salah satu organ vital yang berfungsi membuang racun dan membersihkan darah dari zat berbahaya di dalam tubuh.

Jus Delima

Sumber foto: Istimewa

Dikenal juga dengan nama pomegranate, buah ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuang racun di tubuh kita. Menurut jurnal dari Universitas California yang dikeluarkan National Center for Biotechnology Information (NCBI) tahun 2000, kadar punicalagins dan asam punicic yang berperan sebagai antioksidan bahkan tiga kali lebih tinggi dibandingkan teh hijau.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini dipercaya dapat menangkal racun penyebab berbagai penyakit kronis. Mulai dari menurunkan risiko gangguan jantung, diabetes, hingga alzheimer pada usia lanjut.

Buah delima yang memiliki sifat antiradang,  dipercaya dapat mengatasi peradangan pada sendi. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa ekstrak buah delima mengandung senyawa yang bisa melawan kerusakan sendi pada orang yang menderita osteoarthritis.

Baca juga: Ciptakan Pola Konsumsi Makanan dan Minuman Aman untuk Anak Sekolah

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: