Kenali ‘Latte Factor’ Agar Bisa Berinvestasi

Dengan mengubah kebiasaan yang tidak penting menjadi sebuah investasi.
, Majalah Kartini | 01/02/2017 - 16:49

Kenali ‘Latte Factor’ Agar Bisa Berinvestasi

MajalahKartini.co.id – Hidup hemat ternyata bisa dilakukan dengan cara mengendalikan Latte Factor. Istilah ini dicetus oleh financial advisor asal Amerika , David Bach. Latte factor sendiri merupakan gambaran pengeluaran kecil yang sebenarnya jika dikumpulkan akan mendapatkan manfaat untuk investasi.

Untuk mengendalikan latte factor ini salah satunya dengan mengubah kebiasaan yang tidak penting. Memang tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan secara tiba-tiba. Apalagi kegiatan itu merupakan hal yang Anda suka dan juga sebagai penghilang stres. Lagi pula Anda juga memiliki hak untuk mendapatkan kesenangan dengan uang yang Anda miliki. Kemampuan untuk membeli merupakan sebuah anugerah. Mampu membeli barang dari hasil jerih payah sendiri merupakan sebuah kebanggaan. Anda pun tentu boleh menikmatinya tetapi janganlah dilakukan secara berlebihan.

Cara terbaik yakni dengan menghilangkan kebiasaan tersebut secara perlahan dan tidak perlu drastis berubah 180 derajat. Anda hanya perlu mengubah kebiasaan kecil saja. Contoh, jika biasanya Anda berkumpul dengan teman-teman ke kedai kopi setiap hari, maka coba diubah menjadi seminggu sekali.

Pada intinya pengeluaran yang tidak penting dan tidak memiliki nilai tambah memang harus dikurangi agar Anda tidak boros. Agar dapat mengurangi the latte factor ini, sebaiknya catat pengeluaran dan buatlah budgeting. Kemudian batasi pengeluaran yang tidak perlu. Baiknya aktif menabung dan berinvestasi dengan bijaksana demi masa depan kamu yang cerah. Dengan begitu Anda bisa membuat dana pensiun yang akan sangat bermanfaat tanpa harus benar-benar menjauhkan diri kesenangan di masa muda. (Foto: Shutterstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: