10 Makanan dan Minuman Dilarang Bagi Ibu Hamil

Tahukah kamu ada 10 makanan dan minuman yang justru berbahaya dikonsumsi saat hamil.
, Majalah Kartini | 27/03/2019 - 12:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Kehamilan merupakan momen bahagia bagi sebagian besar perempuan. Ketika dalam masa kehamilan seorang ibu harus menjaga pola makan agar kebutuhan nutrisi baik untuk ibu dan janin dalam kandungan tercukupi. Beberapa makanan dan minuman pun ada yang harus dihindari selama masa kehamilan, antara lain:

  1. Makanan Mentah atau Setengah Matang

Apa pun makanannya, kalau mentah atau tidak matang sempurna, maka harus dihindari oleh ibu hamil. Makanan yang biasanya disajikan mentah atau setengah matang seperti sushi, sashimi, atau aneka olahan telur. Makanan mentah dapat meningkatkan risiko terkena infeksi listeria dan juga salmonella (penyebab tipus). Dampak paling ringan bisa muntah-muntah dan diare, sehingga memicu dehidrasi.

  1. Keju

Keju jenis ini juga sering disebut soft cheese. Variannya ada banyak, seperti keju brie, camembert, gorgonzola, roquefort, dan lainnya. Memakan keju jenis ini bisa meningkatkan risiko terkena infeksi listeria, yang gejalanya mirip flu. Pada beberapa kasus, listeria bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

Baca Juga: Lima Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

  1. Makanan Pemicu Alergi

Kondisi tubuh ibu hamil lebih sensitif, oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari semua makanan yang berisiko memicu reaksi alergi pada tubuh.

  1. Ikan Tinggi Merkuri

Sebenarnya makan ikan tidak dilarang saat hamil. Namun, ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri sangat tinggi, sehingga dapat membahayakan sistem perkembangan saraf bayi. Bayi juga bisa terpapar saat Anda mengonsumsi ketika masa menyusui. Jadi, lebih baik Anda batasi konsumsi ikan tuna tinggi merkuri. Contoh ikan tinggi merkuri adalah ikan marlin, ikan pedang (swordfish), dan hiu.

  1. Kerang

Jenis makanan ini merupakan sumber makanan beracun yang sebaiknya dihindari saat hamil.

Baca Juga: Lima Hal yang Baik Dilakukan Oleh Ibu Hamil

  1. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Minuman jenis ini dapat membawa risiko toksoplasma yang dapat memicu keguguran dan lahir cacat seperti gangguan pada perkembangan otak.

  1. Kafein Tinggi

Minum kopi tidak dilarang, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Namun perlu diingat, kafein tidak hanya ada pada kopi. Teh dan cokelat juga memiliki kandungan kafein yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan masalah juga pada kandungan. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), mengonsumsi kafein kurang dari 200 mg per hari ternyata tidak akan menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

  1. Minuman yang Mengandung Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Alkohol dapat masuk ke janin lewat plasenta yang terhubung secara langsung dari ibu ke janin. Bahaya alkohol saat hamil akan masuk ke aliran darah ibu hamil dan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan.

Baca Juga: Anda Sedang Hamil? Hindari Minuman Bersoda & Ketahui Bahayanya!

  1. Makanan dengan Bahan Pengawet

Berbagai perkembangan jenis makanan yang mengandung pengawet memang sangat mudah ditemukan. Namun semua jenis pengawet yang masuk sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman sebaiknya sangat dihindari oleh ibu hamil. Berbagai macam zat ini bisa masuk ke janin dan menyebabkan gangguan kesehatan pada janin. Janin menerima nutrisi dari plasenta yang berhubungan langsung dengan darah ibu hamil. Jadi, hindari semua jenis makanan yang mengandung pengawet.

  1. Ada buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi saaat hamil seperti,nanas, pepaya, durian, nangka, dan anggur menempati urutan teratas dalam daftar buah yang harus dihindari selama kehamilan trimester pertama.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: