Ruang Laktasi Harus Nyaman Buat Ibu dan Anak

Seperti apa kriteria ruang menyusui yang nyaman menurut aktris Joanna Alexandra?
, Majalah Kartini | 04/08/2016 - 12:06
Joanna Alexandra: Ruang Laktasi Harus Nyaman Buat Ibu dan Anak
MajalahKartini.co.id – Asupan air susu ibu (ASI) pada seribu hari pertama sejak kelahiran bayi merupakan titik yang sangat penting bagi tumbuh kembang si buah hati di masa depan. ASI eksklusif terbukti mampu menekan tingkat kematian anak dan meningkatkan daya tahan tubuh atas serangan penyakit.
Namun bagi ibu pekerja atau yang memiliki aktivitas yang padat, proses menyusui dapat menjadi hal yang teramat pelik. Tentu saja prioritas utama harus diberikan pada anak, tetapi pekerjaan pun tak bisa terbengkalai begitu saja.
Pemerintah dan banyak pihak swasta mulai menyadari betapa pentingnya ruang laktasi atau menyusui ketika ibu beraktivitas di luar rumah. Saat ini kota-kota besar di Indonesia mulai melengkapi fasilitas publik dengan ruangan laktasi, begitupun di ruang-ruang perkantoran swasta.
Menanggapi manfaat ruang laktasi di ruang publik dan privat, aktris sekaligus model Joanna Alexandra menilai kenyamanan adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki ruang laktasi. Pasalnya, ia menilai, ketika ibu merasa nyaman maka ASI yang dihasilkan pun akan banyak dan asupan gizi bayi dapat terpenuhi.
“Ruang laktasi harus nyaman bagi ibu dan anak, yang fasilitasnya lengkap, itu sangat menunjang untuk produkai ASI. Jadi timbal baliknya anak jadi happy, ASI yang dihasilkan ibu bisa banyak,” kata Joanna saat menghadiri kegiatan Pekan ASI Sedunia di kantor Kementerian PP dan PA di Jakarta, Rabu (3/8).
Sebagai bagian dari komunitas Pejuang ASI Indonesia (PAI), perempuan yang masih memberikan ASI eksklusif bagi bayinya, Zoey, ini juga menuturkan bahwa setiap ibu wajib memberikan ASI eksklusif kepada anaknya selama enam bulan. “Dan kalau bisa lanjut sampai anak usia dua tahun.”
Joanna mengaku ia telah menjalani proses ASI eksklusif selama enam bulan bagi si kecil Zoey yang kini berusia 10 bulan. Ia mengatakan akan berusaha agar dapat melanjutkan usahanya itu hingga Zoey berusia 2 tahun. (Muhammad Meisa/Foto: Muhammad Meisa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: