Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Mengatur Uang

Ada beberapa faktor perempuan kerap melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan keluarga.
, Majalah Kartini | 10/04/2017 - 14:39

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Mengatur Uang
MajalahKartini.co.id – Dalam mengelola keuangan keluarga, perempuan memang memiliki tugas utama. Yakni perempuan yang berprofesi sebagai ibu memiliki tugas untuk mengatur sirkulasi keuangan dalam keluarga kecilnya. Meski begitu, perempuan kadang kala masih memiliki kesalahan saat menggunakan uangnya.

Perempuan memang sering berpikir menggunakan perasaan, dimana ia bisa mengeluarkan uang hanya karena masalah kecil. Seperti seringnya memberikan uang jajan kepada anak. Ada beberapa faktor yang membuat perempuan salah dalam menggunakan uangnya seperti yang dikutip dari cermati.com.

1. Membiarkan orang lain mengatur keuangan keluarga

Perempuan seharusnya lebih mampu mengurus keuangan keluarga dengan baik. Ini karena sebagian orang perempuan memiliki banyak waktu dirumah. Ia seharusnya paham kapan harus mengeluarkan uang dan kapan harus menyimpannya untuk berhemat. Tetapi, ada sebagian perempuan yang justru menyerahkan soal mengelola keuangan keluarganya kepada konsultan keuangan.

Hal ini juga bisa dilakukan, tetapi dengan menyewa konsultan artinya asa pengeluaran lain yang lebih besar yakni biaya jasa konsultan tersebut. ada baiknya untuk mengelola keuangan keluarga, Anda dan suami bekerja sama mengelolanya, jika memang merasa tidak sanggup mengelola sendiri.

2. Menghindari pembicaraan tentang uang

Sering membicarakan keuangan dengan tetangga atapun kerabat dilingkungan Anda memang tak ada salahnya. Karena uang memang sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Tetapi kadang, saat membicarakan uang justru Anda bisa mendapat masalah atau berselisih karenanya.

Setiap rumah tangga memiliki keuangan yang berbeda-beda. Jika Anda sering membicarakan tentang uang, dikhawatirkan Anda akan berselisih karena membandingkan satu satu sama lain. sebaiknya selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini dan gunakanlah sesuai dengan kebutuhan.

3. Tidak mempunyai anggaran

Anggaran memiliki fungsi untuk melacak pemasukan dan pengeluaran secara cermat. Membuat anggaran keuangan, perempuan juga bisa menghindari utang. Jika Anda memiliki rencana untuk menabung dengan maksimal, maka bisa atau tidaknya menabung dengan jumlah cukup besar dapat dilihat dari pendapatan dan pengeluaran tersebut. tetapi, karena tidak memiliki waktu untuk membuat anggaran, perempuan kadang berpikir untuk tidak membuat anggaran tersebut.

4. Tidak memperlakukan uang secara adil

Memperlakukan pendapatan dengan kurang adil cukup sering dilakukan oleh perempuan. Mungkin perempuan memiliki pemikiran jika ia memiliki uang yang bukan hasil dari jerih payahnya dianggap tidak penting. Jika hal ini terjadi, tentu perempuan bisa menghabiskannya untuk berbelanja atau memenuhi kebutuhan pribadi lainnya. Dengan begitu, uang yang didapat dari sumber manapun sebaiknya tetap disimpan dengan baik dan digunakan seperlunya saja.

5. Bermasalah karena uang

Uang sering kali menjadi pemicu stres nomor satu serta mempengaruhi kesehatan. Hal ini tidak dapat dipungkiri. Kadang, karena uang perempuan bisa hilang akal karena terlalu mendewakannya dan berpikir hanya dengan uang ia bisa memenuhi segala kebutuhannya. ketika sumber keuangan berkurang, perempuan bisa saja mencari cara lain untuk tetap mendapatkan uang. (Foto: TheSingleMother.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: