Ini Cara Bersihkan Luka Kaki Diabetes

Luka yang sangat sensitif tentunya harus dibersihkan dengan hati-hati.
, Majalah Kartini | 07/04/2017 - 14:23

RSPI - dr. Ihsan Oesman, Sp. OT (1)MajalahKartini.co.id – Luka pada kaki penderita diabetes memang sangat sensitif, jika salah penanganan maka bukan tidak mungkin bisa menjadi luka yang semakin parah. Cara menanganinya adalah dengan sering membersihkan luka, bagaimana caranya? Ditemui di Kawasan Sudirman, Jakarta, dr. Ihsan Oesman, Sp. OT (K) menjelaskan cara mencuci dan membersihkan luka pada kaki penderita diabetes.

Baca juga: Kenali Gejala Awal Kaki Diabetes

“Kalau belum ada luka, cukup bersihkan kaki dengan cara normal. Basuh air dan pakai sabun tapi harus digosok perlahan supaya tidak terjadi luka,” kata dr. Ihsan. Tidak ada penanganan khusus untuk kaki yang belum luka namun jika sudah terdapat luka maka cara dan teknik membersihkannya juga berbeda. Jika sudah ada luka ringan maka cuci dengan sabun dan rawat lukanya agar tidak semakin parah. Sesekali bisa bersihkan luka dengan cairan steril NaCl atau natrium klorida. Jika diperlukan, luka bisa dibalut dengan kasa agar tidak terkena kotoran.

“Tidak perlu pakai obat luka. Kalau luka ringan dan masih bisa dibersihkan di rumah maka tidak perlu steril yang penting bersih, karena umumnya kaki memang kotor. Beda kalau lukanya sudah sangat parah dan besar,” terangnya. Ciri luka kaki penderita diabetes yang harus dibersihkan di rumah sakit adalah yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan. “Luka yang parah sudah bernanah dan menjadi borok, ini tidak bisa lagi dibersihkan di rumah, harus ke rumah sakit dan ditangani dokter. Pencucian lukanya juga harus dengan bahan steril dan dilakukan di ruangan steril,” tutup dr. Ihsan. (Foto: dok. pribadi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: