Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Hamil Bayi Kembar

Menjaga janin kembar mulai dari asupan nutrisi hingga olahraga ringan perlu dilakukan.
, Majalah Kartini | 16/11/2016 - 17:30

MajalahKartini.co.id – Bagi sebagian perempuan, kehamilan kembar merupakan sebuah anugerah. Banyak dari mereka yang mendambakan untuk bisa memiliki bayi kembar. Untuk bisa mendapatkan keturunan lebih dari satu, tak jarang para calon ibu yang mengikuti program bayi kembar bila mereka tidak memiliki genetik untuk menghasilkan bayi kembar.

Mengandung bayi kembar merupakan sebuah hadiah yang sangat berharga bagi sebagian calon ibu. Tetapi tahukan Anda jika kehamilan kembar memerlukan perawatan dan persiapan yang lebih ekstra dibandingkan kehamilan tunggal.  Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan calon ibu ketika mengandung bayi kembar. Berikut di antaranya:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kehamilan bayi kembar butuh ekstra perawatan. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi. Poin ini berhubungan dengan kebutuhan dua janin atau lebih yang harus dipenuhi secara seimbang. Mengandung bayi kembar, sang ibu memerlukan 300 kalori perhari untuk setiap bayi. Dengan begitu jika terdapat dua janin memerlukan 600 kalori. Mengonsumsi makanan bergizi pada kehamilan kembar ini merupakan kunci utama agar kehamilan berjalan dengan lancar dan sehat hingga masa persalinan.

2. Konsultasi pada Dokter atau Bidan lebih Intens

Karena terdapat jani lebih dari satu, maka bagi ibu hamil janin kembar akan mengalami perawatn yang sangat ketat. Sebaiknya periksakan kehamilan kembar Anda setiap beberapa minggu sekali. Konsultasi yang semakin intens juga harus rutin dilakukan terutama saat memasuki akhir trisemester tiga. Beberapa pemeriksaan seperti screening dan ultrasonografi juga harus semakin intens dilakukan.

3. Hindari Pekerjaan yang terlalu berat

Ibu yang mengadung kembar memang sangat rentan mengalami persalinan secara prematur. Tetapi hal ini bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup dan tidak terlalu lelah saat bekerja. Sebab jika melakukan hal itu,akan merangsang timbulnya kontraksi rahim.

4. Olahraga sesuai anjuran dokter

Olahraga juga sangat penting bagi ibu hamil. Meskipun penting, tetapi calon ibu juga harus berhati-hati dalam melakukan olahraga. Sebelum melakukan aktifitas ini sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter atau bidan Anda agar lebih terkontrol dan sesuai dengan kondisi kehamilan Anda. Selain itu penuhi kebutuhan mengkonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. (Winggi Ferdian/Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: