Belanja Online Sudah Mulai Jadi Kebiasaan di Indonesia

Ponsel pintar sekarang adalah asisten belanja baru bagi masyarakat Indonesia.
, Majalah Kartini | 17/11/2016 - 19:15


MajalahKartini.co.id – Hari ini Kamis (17/11) Google meluncurkan sebuah riset baru sehubungan dengan eCommerce tahun 2016 di Indonesia. Menjelang puncak musim belanja pada 12 Desember ini, informasi berikut dapat membantu para marketer eCcommerce agar kampanye mendatang bisa dipersiapkan menjadi yang terbaik menjelang akhir tahun.

Tren yang mendominasi adalah seluler. Sebesar 43% masyarakat Indonesia sekarang memiliki ponsel pintar, dan jika dibandingkan dengan negara seperti Singapura atau Korea Selatan jumlah ini cenderung rendah (masing-masing 91%) apa yang cukup menarik adalah cintanya masyarakat Indonesia terhadap ponsel pintar mereka: sebesar 71%—angka yang paling tinggi di Asia Pasifik—mengatakan bahwa ponsel pintarnya adalah perangkat utama bagi mereka untuk online.

Indikasi lain adalah meningkatnya waktu dalam penggunaan di ponsel pintar: estimasi yang ada mencatat waktu diatas dua jam (136 menit) setiap harinya (dengan perbandingan 50:50 untuk aplikasi seluler dan browsing Internet via seluler) dibandingkan hanya di bawah satu jam (52 menit) di komputer desktop. Dengan informasi yang ada di atas berkaitan dengan popularitas seluler, riset ini menunjukkan bahwa bagi banyak masyarakat Indonesia ponsel pintar mereka merupakan asisten belanja baru.

Tren musiman belanja online pada akhir tahun telah mapan sebagai sebuah titik pada kalender eCommerce negeri ini: Tahun lalu, brand seperti blibli.com dan Lazada melihat adanya kenaikan dalam transaksi sebesar 9x dan 10x atas penjualan rata-rata mereka. Kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun adalah: produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesoris, pakaian, serta barang untuk bayi. Menjelang 12 Desember 2016, pencarian paling tinggi untuk brand eCommerce di Indonesia adalah: Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, blibli.com. (Foto: Google)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: