Finansial Matang di Usia 30-an? Ini Langkahnya

Ternyata Anda bisa mendapatkan finansial dengan matang di usia muda.
, Majalah Kartini | 30/01/2017 - 12:21

 

Finansial Matang di Usia 30an Ini Langkahnya

MajalahKartini.co.id – Saat ini banyak anak muda di usia 30-an atau bahkan dibawah sudah bisa mendapatkan finansial yang cukup matang. Dengan kreativitas, mereka mampu menghasilkan karya yang bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Lalu bagaimana caranya untuk bisa mengikuti langkah mereka? Berikut rangkuman yang dilansir life.idntimes.com:

1. Jangan hanya menabung, simpanlah uang untuk investasi

Berpikirlah untuk investasi atau menanam uang untuk modal agar memperoleh penghasilan. Jangan hanya menyimpan uang untuk biaya cadangan saja. Karena lama kelamaan nilai mata uang pasti turun. Sebagai contoh nilai uang 50ribu hari pasti akan berbeda nilainya di tahun-tahun mendatang. Hal ini dikarenakan adanya inflasi.

2. Fokus pada pendapatan

Ketika berkarya, Anda tidak hanya berkompetisi dengan teman-teman sekitar tetapi juga dengan orang-orang di seluruh dunia. Kompetitor di luar negeri tentu akan membuat nilai mata uang Tanah Air menjadi tidak berarti hal ini biasa disebut dengan Inflasi. Dengan begitu Anda harus fokus untuk mendapatkan penghasilan agar berlipat ganda. Ada beberapa cara misalnya mencari kerja sampingan atau dengan investasi.

3. Menjadi seorang penentu keputusan bukan penunda keputusan

Jangan pernah bergantung kepada keputusan orang lain. Ini akan membuat hidup Anda akan sulit. Lebih baik Anda mengambil langkah sendiri untuk mengambil keputusan. Dan jangan pernah untuk menundanya karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

4. Investasi kemampuan diri

Jangan hanya berinvestasi pada harta. Anda juga perlu berinvestasi untuk kemampuan diri Anda. Karena hal yang paling bisa diandalkan di dunia yakni diri Anda sendiri. Investasi untuk kemampuan diri bisa dilakukan dengan belajar yakni dengn me time atau juga membaca. Sekedar info tambahan, Warren Buffet si milyuner meluangkan 80% waktunya untuk membaca.

5. Pasang target untuk mendapatkan penghasilan yang besar

Lebih baik pasang target untuk mendapatkan penghasilan lebih dari yang Anda inginkan. Jangan hanya mengincar pendapatan 10 juta tetapi berusahalah untuk bisa mendapatkan lebih dari itu, 100 juta misalnya. Dengan begitu target tersebut, Anda bisa membuat turunan strategi agar bisa meraih target tersebut. (Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: