Tips Sukses Presentasi dalam Bahasa Inggris

Dunia kerja tentu kerap dengan rapat dan presentasi. Jika Anda masih kurang pengalaman presentasi dalam Bahasa Inggris, simak tips berikut ini.
, Majalah Kartini | 23/10/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Selain tampilan visual yang harus menarik, lancar dan percaya diri merupakan kunci agar dapat membawakan presentasi secara sukses. Melakukan presentasi tidaklah sama seperti berbicara sehari-hari, apalagi harus membawakannya dalam Bahasa Inggris.

Dalam presentasi, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun akademis, Anda harus dapat menyampaikan ide atau argumen Anda secara jelas dan menarik dalam kurun waktu yang telah disediakan. Seseorang yang lancar berbicara dalam Bahasa Inggris belum tentu lancar membawakan presentasi dalam Bahasa tersebut.

Agar dapat lebih sukses, berikut empat tips untuk presentasi dalam Bahasa Inggris dan membuat presentasi Anda menjadi lebih menarik:

1. Konten: ingat poin utama
Pastikan isi konten presentasi relevan dengan pesan utama yang ingin Anda sampaikan. Tidak semua informasi yang Anda dapat itu penting, meskipun detailnya sangat menarik. Untuk itu, siapkanlah catatan berisikan poin-poin yang akan Anda sampaikan agar presentasi Anda lebih terarah.

Tentunya, catatan disiapkan dalam Bahasa Inggris agar dapat membantu Anda dapat menyampaikan informasi yang benar. Yang paling penting, jangan lupa untuk sering-sering latihan membawakan presentasi dalam Bahasa Inggris tersebut di depan teman atau rekan kerja agar dapat saling mengkoreksi dan mendapat feedback langsung.

2. Struktur: harus terorganisir
Ini adalah presentasi, bukan membaca Berinteraksi dengan audiens. Lakukanlah riset presentasimu langsung dalam Bahasa Inggris, daripada melakukannya dalam Bahasa Indonesia dan translate ke dalam Bahasa Inggris setelahnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah  penafsiran yang dapat mengubah makna informasi yang ingin disampaikan.

Lalu, pilahlah informasi yang relevan dan kohesif yang disusun ke dalam 3 bagian utama layaknya essay: perkenalan (penjelasan apa yang akan kamu sampaikan dalam presentasi dan jelaskan topik utama), isi (porsi terbesar dalam presentasi dimana kamu menyampaikan ide pendukung dan contoh-contoh), serta penutup (untuk menjelaskan kembali apa yang sudah kamu jelaskan, menyatakan kembali topik utama, dan menarik kesimpulan).

3. Ini adalah presentasi, bukan membaca
Salah satu kesalahan utama yang dilakukan orang-orang ketika presentasi adalah membaca slide PowerPoint secara langsung. Hal ini tidak hanya akan membuat audiens bosan, tapi juga mengisyaratkan bahwa Anda tidak menguasai materi. Oleh karena itu, latihan sangatlah penting apalagi bila harus membawakannya dalam Bahasa Inggris yang notabene bukan Bahasa utama kita.

Sering latihan akan membuat Anda lebih hapal dan mengerti akan materi yang harus disampaikan sehingga Anda akan lebih rileks dan percaya diri dalam membawakan presentasi dalam Bahasa Inggris. Menggunakan banyak visual dan poin/frasa per poin juga membantu Anda membawakan presentasi dengan lebih lancar tanpa perlu membaca.

4. Berinteraksi dengan audiens
Presentasi yang baik tergantung dari pembicaranya. Dengan melibatkan audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi satu sama lain, presentasi Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan informatif. Anda bisa melakukan hal ini dengan membuat kontak mata dengan audiens dan bertanya opini mereka. Buatlah mereka sebagai bagian dari presentasimu.

Agar tidak kaku, lakukan riset mengenai kata sapaan dalam Bahasa Inggris atau ice breaker. Dengan membuka presentasi dalam Bahasa Inggris sehari-hari, hal ini menunjukkan bahwa Anda memahami dan dapat berkomunikasi dengan lancar dalam Bahasa Inggris yang dapat meningkatkan tingkat kompetensi Anda dimata para audiens. (*)

BAGIKAN HALAMAN INI: