Cara Olah Nafas Ketika Sedang Hamil

Berbagai persiapan melahirkan perlu dipersiapkan selama masa hamil, baik fisik maupun mental.
, Majalah Kartini | 09/02/2017 - 11:14

Cara Olah Nafas Ketika Sedang Hamil

MajalahKartini.co.id – Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, tentu Anda semakin deg-degan menghadapi persalinan. Apalagi bagi Anda yang berencana melahirkan secara normal, tentu saja membutuhkan lebih banyak persiapan. Tak hanya persiapan financial saja, kesiapan fisik dan mental juga tak kalah pentingnya. Mulai sekarang, Anda perlu mempersiapkan hal-hal tersebut, contohnya dengan berlatih olah nafas bagi ibu hamil.

Saat persalinan normal, salah satu hal yang paling mendukung kelancaran persalinan adalah bernafas dengan baik dan benar. Sangat berbahaya jika di tengah-tengah persalinan, ibu kehabisan nafas. Bahkan saking pentingnya olah nafas saat melahirkan, bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit gangguan pernafasan, tidak dianjurkan untuk melahirkan secara normal karena hal ini dapat membahayakan nyawa ibu dan bayinya.

Berlatih olah nafas bagi ibu hamil maksudnya melatih cara bernafas saat ibu menghirup oksigen dan mengeluarkannya sehingga energi ibu akan tercukupi. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa ibu peroleh dengan rajin olah nafas saat hamil, diantaranya mengatasi sulit bernafas saat hamil, memaksimalkan kekuatan untuk mengejan saat melahirkan, dan memberikan oksigen yang cukup pada janin.

Dalam berlatih olah nafas bagi ibu hamil, ada beberapa metode yang dikenalkan oleh Dr. Fernand Lamaze, yaitu teknik bernafas dan relaksasi.

Berikut beberapa metode olah nafas bagi ibu hamil :

1. Slow breathing

Metode slow breathing dapat dilakukan dengan menghirup nafas secara perlahan-lahan dengan menggunakan metode hitungan (1-3 hitungan), kemudian dikeluarkan secara perlahan melalui hidung.

2. Blowing breathing

Anda dapat melakukan metode ini dengan menarik nafas secara perlahan melalui hidung dan mengeluarkan pelan-pelan melalui mulut. Anda dapat melakukannya seperti meniup lilin, sehingga nafas lebih teratur saat dikeluarkan melalui mulut.

3. Cleansing breathing

Metode cleansing breathing mirip dengan blowing breathing, namun lebih dalam dalam menarik nafas. Caranya dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskannya secara perlahan lewat mulut.

4. Patterned breathing

Metode patterned breathing berlawanan dengan cleansing breathing. Metode ini dilakukan dengan menarik nafas dari hidung dan membuangnya dengan cepat dalam hitungan (2-3 hitungan) dari mulut.

Anda juga dapat menambahkan beberapa teknik olah nafas bagi ibu hamil lainnya dalam latihan seperti:

Gerakan tangan

Metode ini dilakukan dengan menggerakan kedua tangan bersamaan dengan lurus dan sejajar di atas kepala. kemudian tahan nafas hingga 5-6 hitungan dan hembuskan perlahan sembari menurunkan tangan ke bawah secara perlahan-lahan. Ibu dapat melakukannya 8-10 kali.

Menarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas dalam hingga memenuhi paru-paru, dan hembuskan nafas secara perlahan, ulangi beberapa kali.

Posisi duduk

Posisikan kepala, leher, dan punggung tegak namun tetap relaks. Tarik nafas perlahan melalui hidung dalam 4 hitungan, lalu keluarkan melalui hidung dengan hitungan yang sama. Ulangi dengan rileks dan berirama hingga hitungan 8-10. (Foto: istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: