Cara Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Lepas

Sebagian orang tidak mudah mengatur anggaran jika tidak memiliki pendapatan tetap.
, Majalah Kartini | 24/03/2017 - 19:01

Cara Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Lepas
MajalahKartini.co.id – Bagi sebagian orang merencanakan anggaran keuangan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi mereka yang profesinya mengandalkan kreatifitas seperti penulis, fotograper, seniman, dan lainnya.

Menerima pendapatan dari hasil karya atau jasa yang tidak didapat setiap saat membuat semakin rumit. Mereka pun harus mencari berbagai sumber untuk bisa mendapatkan uang. Namun, ada beberapa cara mengatur keuangan bagi Anda yang bergelut di dunia profesional kreatif seperti dilansir money.usnews.com,

1. Persiapkan diri untuk masa sulit
Pendapatan yang berubah adlah tantangan besar untuk para profesional kreatif. Bisa saja dalam satu bulan Anda mendapatkan penghasilan, namun belum tentu pada seminggu atau bulan berikutnya mendapatkannya. Dengan begitu Anda tentu berharap pada projek yang baru. Selagi menunggu projek, sebaiknya untuk tidak melakukan hal-hal yang akan semakin menyulitkan Anda. Cobalah untuk menjauh dari utang, kartu kredit, dan belanja sesuatu yang tidak perlu.

2. Kelola masuknya Uang Tunai
Mendapatkan keuntungan besar dari penjualan tentu membuat Anda ingin berbelanja. Namun lebih baik tahan terlebih dahulu semua keinginan tersebut. Membelanjakan boros uang tersebut tidak akan menjamin Anda hidup lebih senang.

Perlu diingat pendapatan bisa mengalami pasang surut. Dengan begitu sebaiknya kendalikan keuangan agar tetap bisa dalam fase aman ketika dalam masa sulit.

3. Terapkan harga yang memang sesuai
Terkadang beberapa masyarakat jarang yang menghargai sebuah karya . Mereka akan berpikir dua kali jika harus membayar dengan harga tinggi karya yang mereka anggap biasa saja. Hal ini membuat para penghasil karya terkadang tidak berani untuk membandrol harga tinggi untuk karyanya.

Jika ingin memiliki sebuah bisnis yang lancar, Anda harus mempertahankan kualitas produk atau karya Anda. Seandainya tidak ada yang ingin membeli, carilah orang yang benar-benar ingin membeli. Dengan begitu Anda akan benar-benar memiliki kredibilitas.(Winggi/Liputan6.com/Foto: Ritz Academy)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: