Bersyukurlah Meskipun Gaji Pas-pasan!

Karena harta bukan hanya sekedar materi saja.
, Majalah Kartini | 04/03/2017 - 20:00

savings-jars-800x250

MajalahKartini.co.id – Bergaji besar kadang kala ada saja hal-hal yang tidak bisa dinikmati. Karena tidak semua yang berbentuk materi bisa Anda syukuri. Seperti waktu luang, kesehatan, pengetahuan dan lain-lain. Dengan begitu, meski bergaji kecil ada beberapa hal yang bisa membuat Anda tetap bersyukur seperti yang dikuti dari Tunaiku. Diantaranya,

1. Keleluasaan untuk berkumpul dengan keluarga
Seperti yang banyak orang tahu, harta paling berharga yakni keluarga. Seseorang yang bergaji besar identik dengan tanggung jawab dan beban pekerjaan yang besar pula. Konsekuensinya adalah terbatasnya waktu luang untuk kehidupan keluarga. Dengan begitu bersyukurlah buat Anda yang memiliki harta dalam bentuk lain yakni kehangatan keluargamu.

2. Masih cukup buat hangout, walaupun enggak sering
Meskipun tidak bisa hangout di tempat yang fancy setiap minggunya, setidaknya Anda berkecukupan untuk bertemu dan ngobrol dengan sahabat. Salah satu falsafah hidup orang Jawa yang akrab di telinga kita adalah istilah “mangan ora mangan, sing penting ngumpul”¸alias “makan tidak makan yang penting kumpul. Falsafah ini ada betulnya kan untuk Anda?

3. Pengalaman dan pengetahuan yang melimpah
Besarnya gaji terkadang tidak selalu berbanding lurus dengan banyaknya pengalaman dan pengetahuan yang di dapat. Saat ikut menjadi volunteer di sebuah organisasi, mungkin pendapatan Anda tidak mencapai angka dua digit. Tetapi pengalamn terjun langusng ke lapangan dan berinteraksi dengan orang lain tentunya memberikan Anda hal yang tidak bisa diukur dengan uang.

4. Koneksi kuat
Apabila Anda dianugerahi kepribadian yang luwes dan sering berinteraksi dengan orang dari berbagai kalangan berarti harta Anda bertambah satu poin yakni koneksi. Ketika Anda banyak mengenal orang, tentu akan memiliki akses yang tidak semua orang lain punya.

5. Kamu jadi lebih mawas diri dan bijak mengatur keuangan
Karena gaji Anda tidak sebesar seorang direktur, mau tidak mau And jadi pandai menghemat uang. Mulai dari mencari tips menabung untuk gaji yang pas-pasan, mengenal produk perbankan hingga belajar mengenai berbagai investasi Anda lakukan. (Winggi/liputan6.com/Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: