Mengajarkan Anak Tentang Edukasi Agama Melalui Game

Orang tua saat ini bisa menggunakan teknologi dan game untuk membantu pola pikir dan kebiasaan anak.
, Majalah Kartini | 20/09/2017 - 18:02

MajalahKartini.co.id – Perubahan teknologi saat ini menuntut orang tua dan anak untuk bisa berinteraksi menggunakan gadget. Memang banyak sekali pilihan game yang bisa dimainkan anak, namun tidak semuanya edukatif dan mendidik. Anak akan lebih mudah melek teknologi, saat sudah asik memanfaatkan teknologi dirinya akan terpapar penggunaan gadget mulai dari menonton video, bermain game, dan berkomunikasi dengan orang tua menggunakan gadget. Namun orang tua harus selektif dalam memilih apa saja yang bisa dilakukan anak saat menggunakan gadget.

Melihat adanya tantangan yang ditimbulkan oleh teknologi terutama permainan anak secara digital, Agate selaku pengembang game terdepan di Indonesia membuat game edukatif dengan konten islami berbasis edukasi sekaligus hiburan untuk anak. Game digital yang dibuat oleh Agate bernama “Game Anak Sholeh” yang dikemas dengan cerita yang menghibur namun mengajarkan tentang nilai-nilai Islami.

“Oleh karena itu kita coba menghadirkan sebuah aplikasi sudah bisa mendapatkan banyak konten. Semua konten juga terpadu dan aman untuk anak. Jadi sebagai orang tua ketika download itu aman dan tidak ada ads yang negatif untuk anak. Kemudian anak sambil bermain bisa belajar,” jelas CO-Founder of Agate Studio Wiradeva Arif Kristawarman saat ditemui di acara soft launching Game Anak Sholeh di Hotel Yello, Manggarai. (20/9).

Game Anak Shohleh bisa membantu orang tua untuk mengedukasi anak tentang seperti apa pendidikan dasar agama Islam seperti pengenalan huruf hijaiyah, doa harian, surat pendek, tutorial salat, kisah Nabi dan Rasul, dan berbagai pengetahuan agama Islam lainnya. Sambil bermain game, anak bisa sambil belajar karena Game Anak Soleh menggunakan visualisasi yang sangat menarik dan cocok untuk karakteristik anak-anak yang lucu dan berwarna sangat menarik.

Seperti yang disampaikan oleh Psikolog Firesta Farizal M. Psi., melalui aplikasi Game Anak Sholeh sambil belajar menggunakan gadget dan teknologi, anak juga bisa dengan mudah mengaktifkan dua kategori sensori anak, pertama sensori visual yang mencakup bergambar, berwarna, bergerak dan kedua sensori auditori yaitu bersuara.

Pemilihan aplikasi dan game yang tepat untuk anak memang susah-susah gampang, namun untuk orang tua yang sibuk bekerja dan tidak bisa mengawasi perkembangan anak saat bermain game. Ada aplikasi pendukung Game Anak Sholeh yaitu Parent App.

Melalui Parent App, orang tua bisa mengecek sejauh mana anak mengakses game dan perkembangan apa saja yang sudah dipelajari anak selama bermain Game Anak Sholeh. Jadi orang tua tidak perlu khawatir kehabisan pembicaraan dengan anak karena saat sudah pulang bekerja orang tua bisa menjadikan apa yang dimainkan anak menjadi topik perbincangan hari itu.

Orang tua juga tidak perlu khawatir anak akan kecanduan bermain game, karena dalam satu episode game hanya berdurasi sekitar 10-15 menit. Jadi orang tua bisa memanfaatkan episode sebagai batasan anak dan memacu semangat anak untuk lebih aktif, tambah Visual Story Teller Agate Studio Anisa Hairunnisa. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Felita Herlina Ciciliani)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: