Cegah Kematian Neonatal dan Bayi dengan Menyusui Hingga 2 Tahun

Melalui pemberian Air Susu Ibu (ASI) akan mempererat ikatan antara ibu dan anak yang menjadi kunci untuk peningkatan kualitas manusia Indonesia.
, Majalah Kartini | 02/08/2017 - 10:02

Cegah-Kematian-Neonatal-dan-Bayi-dengan-Menyusui-Hingga-2-Tahun
MajalahKartini.co.id – Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Agung Sugihantono mengatakan, setiap minggu pertama bukan Agustus dijadikan sebagai “Pekan ASI Sedunia 2017” yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI (Air Susu Ibu) bagi tumbuh kembang anak.

“Melalui pemberian ASI (Air Susu Ibu) akan mempererat ikatan antara ibu dan anak yang menjadi kunci untuk peningkatan kualitas manusia Indonesia,” ujar Agung seperti dikutip dalam Pedoman Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia (PAS) 2017, Senin (31/7).

Cegah-Kematian-Neonatal-dan-Bayi-dengan-Menyusui-Hingga-2-Tahun1

Tema Pekan ASI Sedunia 2017 adalah “Suistaining Breastfreeding Together!” dalam konteks Indonesia, kata dia, tema tersebut diadaptasi menjadi “Bekerja Bersama untuk Keberlangsungan Pemberian ASI”.  “Pekan ASI Sedunia tahun ini bertujuan untuk memahami pentingnya bekerja sama dalam rangka mendukung pemberian ASI, dengan mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan serta mendukung ibu menyusui,” tutur dia.

Bahkan, kata dia, dengan mendukung setiap ibu agar sukses menyusui dan mempertahankan menyusui hingga 2 tahun, bisa menekan angka kematian neonatal dan bayi. Kemudian, kata dia, untuk acara PAS 2017 sendiri akan diisi dengan berbagai kegiatan di pusat dan daerah yang kesemuanya diarahkan untuk mendorong pencapaian Inisasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI Ekslusif 100% pada semua bayi. (Foto: Shuterstock/Grafis: Majalah Kartini)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: