Fiona Callaghan ‘Kepala Perang Perempuan’

Fiona Callaghan memiliki impian besar yang ingin segera ia realisasikan untuk pendidikan anak-anak di Indonesia.
, Majalah Kartini | 08/09/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Sosok perempuan yang selalu memberikan motivasi secara pribadi untuk dirinya sendiri bahwa hidup harus bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang karena hidup yang diberikan di dunia ini singkat.

Perempuan yang memiliki aktivitas adventure, mentoring dan aktif dalam berbagai bidang sosial budaya itu ialah Fiona Euis Tjantiari Callaghan atau yang lebih dikenal dengan nama Fiona Callaghan. Aktivitas baru yang Fiona lakukan ialah sebagai Kepala Bidang Humas Yayasan Wakaf Pusaka Sukapura (YWPS). Ia selalu menjadi berusaha belajar melalu aktivitas yang dijalani tiap harinya.

Sosoknya mulai dikenal saat menjadi finalis Putri Indonesia 2009 perwakilan dari DKI Jakarta V dan aktif menjadi pembawa acara salah satu TV travel. Proses kehidupan nyata yang sebenarnya mulai ia jalani saat itu. Melalui pengalamannya tersebut Fiona merasa sudah belajar mengenai esensi kehidupan yang sebenarnya bahkan ia mulai menjalankannya dengan didampingi rasa penuh syukur, tulus dan ikhlas.

Fiona salah satu sosok yang sering berkunjung dari satu daerah ke daerah lainnya di Indonesia. Fakta tersebut sering diberitakan melalui media massa. Bukan sekadar mencari lokasi yang dapat ia datangi tetapi sebelumnya ia melakukan observasi melalui setiap fakta akan keadaan daerah yang ia akan kunjungi. Hal terpenting yang Fiona lakukan ialah mencari daerah yang masih membutuhkan bantuan secara langsung dalam pengembangan dan pembenahan keadaan baik sosial, budaya dan pendidikannya.

Mulai sekarang masyarakat sudah mengenal Fiona Callaghan sebagai ‘Social Culture Enthusiast’ melalui perjalanan-perjalanannya dalam mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia yang sudah sempat ia kunjungi diantaranya ialah Asmat, Flores Timur, Sukapura-Tasikmalaya, Lembata, Jayapura, Halmahera Barat, Aceh dan Bali.

Tidak banyak orang yang tahu Fiona disematkan oleh suku Asmat sebagai Seiserei yang adalah tokoh kepala perang perempuan. Pertama dalam sejarah di Asmat, penyematan nama Asmat diberikan kepada seorang perempuan. Fiona merasa beruntung dan sangat terharu ketika bisa mendapat gelar Seiserei dan turut berpartisipasi dalam pemberian edukasi perihal sosial budaya kepada peserta yang adalah generasi muda untuk Kabupaten Asmat. Karena sejatinya, Fiona tahu bahwa berbuat baik harus dilakukan setiap saat tanpa memandang asal kebudayaan dan seseorang itu dari golongan apa.

Fiona memiliki ketertarikan bahkan kepedulian dengan anak-anak karena ia mengetahui bahwa seorang anak berhak untuk mengejar impiannya dan kesuksesan yang selama ini didambakannya dalam doa dan masih ada dihayalan semata. Kepolosan, semangat dan daya kreativitas anak-anak begitu berharga. Hal tersebut sangat memacu Fiona menyemangati keraguan dari setiap pribadi tidak terkecuali dirinya bahwa segala potensi dan kelebihannya harus dipergunakan menjadi hal baik dalam kehidupannya.

Ia berharap semua pengalaman yang sudah ia bagikan saat berkunjung ke daerah di Indonesia bisa disimpan sebagai pedoman perjalanan kehidupan anak-anak tersebut. Jika itu terjadi akan sangat memberikan kebagaiaan yang sempurna melengkapi perjalanan hidup seorang Fiona Callaghan. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: