Presiden Perempuan Muslim Pertama untuk Rumania

Pertama dalam sejarah, Rumania dipimpin oleh sosok presiden perempuan muslim.
, Majalah Kartini | 14/09/2018 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara. Rumania terbentuk pada tahun 1859 dari penyatuan wilayah Moldavi dan Wallachia, dan memperoleh pengakuan internasional pada tahun 1878. Rumania merupakan negara dengan wilayah terluas ke-9 dan penduduk terbesar ke-7 di Uni Eropa.

Sevil Shhaideh adalah seorang ekonom dan politikus Rumania. Perempuan kelahiran 4 Desember 1964 merupakan perempuan yang lulus pendidikan dari Akademi Ilmu Ekonomi Bucharest, Fakultas Perencanaan Ekonomi dan Cybernetik.

Keluarga Shhaideh menganut keyakinan Muslim dan masuk ke minoritas Turki dan Ttar yang telah lama berdiri di Rumania. Ibunya adalah cucu dari sejarawan Turki Kemal Karpat. Shhaideh menjadi calon yang diusung dari Partai Sosial Demokrat tepatnya ia dinominasikan oleh ketua umum dari partai tersebut, Liviu Dragnea. Pencalonan yang diberikan untuk Shhaideh mengejutkan bagi Rumania karena nama Sevil Shhaideh belum dikenal oleh masyarakat di Rumania.

Sebelumnya Shhaideh pernah menjabat dalam kursi kementrian pada tahu 2015 sebagai menteri pembangunan daerah kurang lebih selama 6 bulan. Sekarang ia dipercaya menduduki kursi kepresidenan di Rumania. Hal itu menjadi bukti bahwa pertama dalam sejarah, Rumania dipimpin oleh sosok presiden perempuan muslim. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: