Sajian Mudah dan Nikmat dari Bahan Dasar Alpukat

Tak hanya lezat dinikmati secara langsung, alpukat juga dapat menjadi bahan dasar sajian makanan dan minuman lainnya.
, Majalah Kartini | 31/07/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Alpukat adalah salah satu buah yang tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung tetapi juga bisa diolah menjadi bahan dasar membuat ragam sajian makanan, minuman, hingga masker.

Jangan khawatir mengenai kandungan lemak yang ada pada buah alpukat karena lemak yang terkandung di dalam buah alpukat sendiri merupakan lemak sehat yang tak berbahaya untuk kesehatan.

Berikut 4 pilihan sajian yang dapat Anda buat dengan menggunakan bahan dasar dari alpukat.

  1. Avocado Pancake

Buat adonan pancake dengan mencampurkan bahan-bahan dasar, seperti tepung terigu, susu, gula, dan potongan buah alpukat. Setelah diaduk merata, tuang adonan ke atas wajan hingga matang. Angkat pancake dan letakkan ke atas piring saji, diamkan biar tidak terlalu panas, lalu hias pancake alpukat menggunakan topping favorit Anda.

  1. Avocado Smoothie

Sajian minuman satu ini memang paling sering kita temui di berbagai restoran. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda cukup memotong buah alpukat dan menghaluskan menggunakan blender. Masukkan juga gula pasir serta es batu secukupnya.  Jika semua sudah lumat, tuang dan sajikan pada gelas. Tambahkan susu kental manis sebagai penyempurna rasa.

  1. Avocado Salad

Kenikmatan dan kesegaran dari sajian ini sungguh benar adanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian ini sangat mudah ditemukan, cukup sediakan alpukat, tomat, timun, dan babycorn sebagai bahan utama. Bahan pelengkap yang dibutuhkan hanya madu dan sari lemon untuk menambahkan cita rasa di sajian ini. Campurkan kedua bahan tersebut dan setelah itu sajian ini bisa langsung dinikmati. Biasanya sebelum disantap sajian ini didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas agar menambah kesegaran saat dinikmati.

  1. Avocado Sponge

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian ini mirip seperti pancake. Buat adonan bolu dari tepung terigu, gula, baking powder, bubuk vanila, garam, alpukat, dan susu. Aduk seluruh bahan tersebut hingga merata dan tuangkan adonan ke loyang yang sebelumnya sudah dioleskan mentega. Panggang pada oven kurang lebih 30 menit setelah itu keluarkan dan diamkan sejenak pada suhu ruangan sekitar 15 menit. Lalu sajikan.

Selamat mencoba, Sahabat KARTINI! (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: