Makanan Pengganti Susu Untuk Si Kecil Yang Tak Doyan Susu

Jika si Kecil tidak doyan susu, Anda tidak perlu khawatir karena banyak makanan yang dapat menggantikan susu namun tetap memiliki nutrisi yang sama.
, Majalah Kartini | 09/07/2019 - 12:12

MajalahKartini.co.id –  Orang tua kerap merasa khawatir jika si anak tidak doyan susu, karena susu merupakan salah satu kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi. Kandungan susu yang sangat bermanfaat seperti kalsium, sangat diperlukan oleh sang anak terutama dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Selain kalsium, susu juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak seperti vitamin D dan protein.

pengganti susu

sumber : istimewa

Meski memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, tidak semua anak doyan dengan susu. Beberapa faktor menjadi alasan seperti aroma dan rasanya yang kurang nyaman untuk sang anak. Bahkan beberapa kasus ditemukan bahwa sang anak alergi dengan susu sapi. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa makanan yang dapat menjadi pengganti susu namun tatap memiliki nilai nutri yang sama. Seperti makanan berikut ini

Keju
Keju menjadi salah satu makanan yang bisa Anda berikan jika si anak tidak doyan susu. Selain mengandung kalsium yang memang dibutuhkan, keju juga memiliki kandungan energi sehingga bisa menjadi salah satu asupan untuk anak yang tinggi aktivitas.

Yogurt
Yogurt adalah produk susu yang dapat menjadi alternatif yang sehat. Anda bisa memberikan yogurt sebagai menu sarapan anak, seperti mencampurkan sereal dengan yogurt atau dengan potongan buah-buahan. Yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan si anak.

Sayuran Hijau
Kalau anak tidak doyan minum susu, Anda bisa memberikan makanan pengganti sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam. Protein nabati yang terkandung di dalam sayuran tersebut juga mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh si anak. Selain itu, membiasakan anak mengonsumsi sayuran dapat membantu menguatkan pencernaan.

Susu Kedelai
Susu kedelai juga bisa menjadi salah satu alternatif makanan pengganti susu untuk anak. Protein nabati yang terdapat pada susu kedelai tidak kalah dengan kandungan protein dari susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki manfaat tambahan lainnya yakni sebagai antioksidan alami, meminimalisir terjadinya diare akibat intoleran laktosa ataupun protein susu sapi, serta formula soya yang dapat menyehatkan saluran pencernaan sekaligus sumber serat yang baik.

Ikan
Ada banyak makanan pengganti susu untuk anak yang formula dan khasiatnya tidak kalah dengan susu dan salah satunya adalah ikan. Makanan yang satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk anak Anda karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Tapi, tidak semua ikan juga oke untuk tumbuh-kembang anak.Beberapa jenis ikan hanya memberikan efek kenyang tanpa memenuhi asupan khasiat yang tepat dan dibutuhkan anak. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna dan sarden.

Baca Juga : 5 Tips Atasi Anak yang Tak Doyan Sayur

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: