5 Tips Hindari Rasa Malas Saat Bangun Sahur

Lakukan tips berikut untuk hindari rasa malas saat harus bangun sahur.
, Majalah Kartini | 17/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id. – Bulan Ramadhan memang memiliki momen tersendiri bagi umat Islam. Banyak ibadah yang harus dilakukan guna menunjang ibadah puasa kita. Seperti sahur yang dilakukan di waktu dini hari menjelang Subuh. Beberapa orang kerap mengalami masalah, karena mereka harus bangun di tengah waktu tidur malam.

Foto: Istimewa

Sebagian orang lebih memilih untuk tetap tidur dibandingkan melaksanakan sahur. Padahal makan sahur sebelum berpuasa sangat dianjurkan. Tak hanya untuk menjaga badan kita tetap fit selama berpuasa. Tapi juga dapat membantu menjaga keseimbangan kadar pH dalam darah. Agar Anda tetap semangat dalam menjalankan sahur, yuk lakukan tips berikut ini.

  1. Tidur lebih awal

Seseorang jika tidur terlalu larut malam maka tubuhnya akan merasa masih lelah meskipun waktunya bangun. Hal itulah yang kemudian membuat orang malas untuk bangun pagi. Tidak hanya itu, tidur larut malam juga dapat merusak kualitas tidur.

Kualitas tidur yang baik akan membantu seseorang lebih segar saat bangun. Dengan tidur malam lebih awal, tentu saja akan membantu menjaga kualitas tidur Anda dengan baik. Dan pastinya membuat Anda lebih bersemangat saat bangun pagi.

  1. Rutin Berolahraga

Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur nyenyak, coba lakukan peregangan ringan sebelum tidur. Dengan menggerakkan lengan atau kaki selama lima belas menit sebelum tidur, akan membantu tidur Anda lebih nyenyak dan tidak malas lagi untuk bangun saat sahur.

Baca Juga : Cermati Dampak Makanan Pedas untuk Sahur

  1. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Minuman berkafein akan membuat anda sulit untuk tidur lebih awal pada malam hari. Sehingga saat waktu sahur tiba, Anda tidak memiliki energi untuk bangun. Menghindari minuman yang berkafein bisa menjadi salah satu tips agar Anda tidak merasa malas untuk bangun.

  1. Hindari makanan berat sebelum tidur

Terlalu kenyang akan membuat Anda sulit tidur malam. Sehingga Anda masih merasa mengantuk saat harus bangun pagi. Tidak hanya itu, terlalu kenyang saat tidur malam, membuat makan sahur Anda juga tidak maksimal. Hal ini dikarenakan makanan yang Anda makan sebelum tidur, belum diproses dalam tubuh karena tubuh tidak melakukan aktivitas apapun.

  1. Jangan lupa set alarm

Pastikan mengatur alarm agar bangun tepat waktu saat sahur. Jauhkan jam weker atau handphone dari jangkauan. Sehingga Anda membutuhkan upaya untuk mematikan bunyi yang keluar dari jam weker atau handphone Anda.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: