5 Pemicu Penyakit Jantung Pada Perempuan

Banyak perempuan yang beranggapan bahwa penyakit jantung sebagian besar menyerang pria, itu adalah anggapan yang salah karena perempuan pun berisiko.
, Majalah Kartini | 13/03/2019 - 13:06

 

penyakit jantung

Sumber Foto: iStock

MajalahKartini.co.id – Banyak perempuan yang beranggapan bahwa penyakit jantung sebagian besar menyerang pria, itu adalah anggapan yang salah karena perempuan pun berisiko terkena jantung yang diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat.

Penyakit jantung itu sendiri banyak jenisnya, seperti jantung koroner, hipertensi, rematik, bawaan, atau kardiomiopati. Namun, pada umumnya yang sering terjadi di masyarakat adalah jantung koroner.

Jenis penyakit koroner adalah penimbunan lemak pada pembuluh darah arteri yang menyuplai ke jantung dan penyuplaian ini mengakibatkan pembuluh darah arteri menyempit serta mengeras sehingga, jantung kekurangan oksigen. Fungsinya pun menjadi terganggu dan harus bekerja ekstra keras lagi untuk memasok darah ke seluruh tubuh.

Jika penyempitan pada pembuluh arteri telah mencapai 80-90 persen maka penderita telah mengalami serangan jantung. Sebagian besar orang yang mengalami serangan jantung dalam dua-tiga jam bisa menyebabkan meninggal dunia. Oleh karena itu, kita harus mengenali gejala serangan jantung dan mencari jalan pertolongan pertama.

Gejala Penyakit Jantung

Serangan jantung biasanya ditandai nyeri yang khas di dada sebelah kiri dan menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti, lengan kiri, leher, atau punggung. Nyeri dada bisa berupa seperti ditusuk jarum, tertimpa benda keras, atau bahkan bisa berupa seperti masuk angin.  Tempat merasakan sakitnya pun bisa berbeda-beda, bisa terjadi di pertengahan dada, punggung, leher, atau pun ulu hati.

Gejala lainnya ialah sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba karena adanya penyumbatan di bagian saluran pernapasan dan mual secara terus-menerus seperti sakit maag. Berkeringat dingin pada saat melakukan aktivitas atau pun tidak, dan penderita mudah mengalami letih, lelah, lesu, dan lunglai saat beraktivitas. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat sering kali memicu serangan jantung, seperti:

Baca juga: Simak 7 Cara Agar Jantung Anda Tetap Sehat

  1. Seringnya Memakan Makanan Cepat Saji

Perempuan cenderung sering memakan makanan cepat saji karena faktor waktu yang instan, tidak perlu memasak dan banyaknya tempat yang menyediakan makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji tidaklah sehat karena banyaknya mengandung kolesterol dan minim sayuran. Sementara itu, jika tubuh terlalu banyak menyerap kolesterol maka kolesterol akan beredar dalam aliran darah dan akhirnya akan menyumbat darah menuju jantung.

  1. Stres

Banyaknya tekanan dari beberapa sumber membuat perempuan mudah stres. Stres terus menerus bisa memacu kerja jantung dan merangsang pembentukan adrenalin yang tinggi, keadaan ini menyebabkan peningkatan denyut jantung dan gangguan suplai darah ke jantung.

  1. Merokok

Saat ini merokok bukan saja kebiasaan para pria namun, perempuan pun ikut-ikutan merokok. Padahal asap rokok mengandung nikotin yang bila sering terhisap mengakibatkan elestisitas pembuluh darah berkurang sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah dan keadaan ini akan memicu penyakit jantung.

  1. Minuman Beralkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol di kalangan perempuan saat ini sudahlah sangat tidak tabu lagi, padahal meminum minuman beralkohol tidak baik bagi kesehatan jantung dan organ reproduksi perempuan.

5. Tidak Suka Beraktivitas

Kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam dengan gadget, menonton televisi dan film membuat perempuan malas untuk beraktivitas. Padahal, jika tubuh berkurangnya bergerak maka semakin banyak timbunan lemak di dalam tubuh dan otot jantung tidak bergerak sehingga, memperbesar risiko terserangnya jantung.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: