5 Bahaya ini Mengintai Anda Jika Makan Terlalu Larut Malam

Yuk kenali bahayanya jika kita makan terlalu larut malam.
, Majalah Kartini | 19/06/2019 - 15:42

MajalahKartini.co.id – Ada banyak hal yang membuat kita terpaksa makan terlalu larut, seperti banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan sehingga anda baru makan malam ketika hari telah larut. Namun tahukah anda, jika makan terlalu larut tidak hanya membuat badan menjadi gemuk tetapi banyak menimbulkan resiko kesehatan lainnya. Berikut adalah dampak negative jika anda makan di larut malam :

larut malam

sumber : istimewa

  1. Memori

Kebiasaan makan malam dapat mempengaruhi cara kerja otak sehingga berpengaruh pada fungsi memori dan kognitif.  Melakukan makan di waktu yang salah akan mengacaukan kerja otak dan hal ini berpengaruh pada kemampuan kognitif dan memori. Hal ini pun menyebabkan kita sulit fokus di pagi harinya karena hal ini juga membuat anda mengacaukan siklus tidur anda.

  1. Gula Darah Meningkat

Makan di malam hari membuat kadar insulin pu n turun naik dan berubah. Malam hari adalah waktu di mana sensitivitas insulin tubuh paling rendah. Dengan kata lain, kontrol gula darah di malam hari akan lebih sulit. Jadi, makan larut malam juga meningkatkan kadar gula darah.

  1. Kolesterol

Makan malam terlalu larut bisa merusak jam sirkadian. Hal tersebut pun akan membuat anda berisiko mengalami lonjakan kolesterol secara mendadak. Makan malam terlalu larut menurukan kemampuan metabolisme tubuh yang mengarah pada peningkatan kadar kolesterol.

  1. Refluks Asam

Makan mendekati waktu tidur malam berisiko menaikan asam lambung atau kondisi yang disebut refluks asam. Efek negatif dari naiknya asam lambung akan menyebabkan sakit jantung, sakit dada, refluks dan keasaman. Untuk itu, sebaiknya makanlah dua jam sebelum waktu tidur untuk memastikan tidak ada makanan yang naik kembali kerongkongan.

  1. Menambah Berat Badan

Hal ini menjadi efek negatif yang otomatis anda dapatkan jika mekan di larut malam. Semakin larut waktu makan, penyimpanan lemak dalam tubuh akan meningkat. Ini meningkatkan risiko obesitas dan mengubah jam tubuh yang mengganggu pencernaan. Pada akhirnya, hal ini membuat tubuh tidak dapat memanfaatkan lemak dengan baik dan menyebabkan retensi lemak berlebihan.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Perut, Lengan dan Paha Dalam Waktu 1 Minggu

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: