Mengenal Keindahan Alam Danau Ronggojalu

Ada kisah atau asal usul dari terbentuknya Danau Ronggojalu yang patut diketahui.
, Majalah Kartini | 14/09/2018 - 11:20

MajalahKartini.co.id –¬†Letak Danau Ronggojalu tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo, yaitun kurang lebih 30 menit perjalanan apabila berangkat dari titik awal di Alun-Alun Probolinggo.¬†Menurut sejarah, ada kisah atau asal usul terbentuknya Danau Ronggojalu sesuai namanya danau tersebut diambil dari nama kakak beradik Ronggo dan Jalu. Sepasang kakak beradik yang sedang bermain di sebuah ladang, tidak sengaja mencabut sebatang lidi yang tertancap pada tanah. Saat dicabut, dari lubang bekas lidi tersebut mengeluarkan air jernih yang begitu deras.

Melalui cerita sejarah tersebut, sampai saat ini Danau Ronggojalu dimanfaatkan sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat karena kapasitas air dari danau ini kurang lebih 3.000 liter yang dipercayai berasal dari sumber mata air alami. Fungsi lain dari danau tersebut ialah sebagai penampungan air di kala musim hujan. Dengan adanya Danau Ronggojalu, air permukaan berkurang dan mampu mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan tiba.

Selain dijadikan sumber air bersih bagi warga setempat, tidak kalah menarik yaitu adanya panorama yang memesona serta suasana di Danau Ronggojalu yang sangat sejuk. Pada lokasi danau terdapat berbagai wahana dan fasilitas, salah satu wahana yang digemari saat berkunjung di Danau Ronggojalu ialah kolam renang, gazebo dan warung-warung yang menjual jajanan khas dari Probolinggo. Danau Ronggojalu menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: