Ke Bandung? Jangan Lupa Makan 5 Jajanan Hits Berikut Ini

Selain obyek wisata alam, kuliner Bandung juga mendapat tempat khusus baik bagi warga Bandung atau pengunjung.
, Majalah Kartini | 14/09/2018 - 16:00

MajalahKartini.co.id РAnda hobi kuliner atau jalan-jalan? Jika Ada berkunjung ke kota Kembang Bandung, jangan lewatkan jajanan kekinian yang sudah menjadi ikon kota Bandung. Dijamin lidah Anda akan bergoyang karena keunikan jajanan yang membuat pengunjung rindu datang ke Bandung. Inilah 5 makanan dan minuman kekinian yang dilansir dari berbagai sumber khusus untuk Anda:

1. Cireng


Cireng memang bukanlah jajanan baru di kota kembang, namun cireng saat ini telah mengalami berbagai macam revolusi. Dari cireng bumbu kacang, cireng isi hingga sekarang yang paling hits adalah cireng bumbu rujak.

Sesuai namanya, cireng bumbu rujak ini adalah cireng yang disantap dengan bumbu rujak manis. Cireng panas yang baru diangkat dari penggorengan, lalu dicocolkan ke bumbu rujak yang punya rasa manis pedas, pasti akan membuatmu ketagihan tak bisa berhenti mengunyahnya.

2. Seblak Basah


Seblak basah sendiri adalah kerupuk udang mentah yang rebus, lalu ditiriskan dan dimasak dengan bumbu rempah seperti cikur (kencur), bawang putih, garam, gula, dan cabai. Seblak basah ini jadi favorit karena rasa pedasnya yang luar biasa di lidah bercampur dengan aroma khas dari kencur.

Saat ini seblak basah memiliki banyak sekali variasi dan topping. Selain menggunakan bahan utama kerupuk, seblak juga ditambahkan dengan mi, kwetiau, bakso, sosis dan telur. Meski begitu, rasa seblak original juga masih banyak sekali penggemarnya, lho!

3. Charcoal Burger


Menikmati burger dengan lapisan roti putih biasa memang sudah terlalu biasa. Nah, bagaimana dengan burger dengan lapisan roti (bun) berwarna hitam arang? Pasti penasaran bagaimana rasanya. Charcoal burger yang terlihat hitam arang ini tidak memiliki rasa arang lho, hanya warna roti bun-nya saja yang hitam tapi rasanya memang lezat.

4. Serabi

Makanan yang dibuat dari adonan tepung beras atau terigu ini menjadi salah satu favorit ketika berkunjung ke kota kembang, khususnya yang dimasak dengan tungku dan cetakan dari tanah liat. Awalnya serabi hanya dikenal dengan 1 rasa yaitu gula jawa dan santan kelapa. Namun dengan perkembangan zaman banyak warung serabi yang memodifikasi dengan bumbu dan isian beragam di antaranya: oncom, telur, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

5. Kue Cubit

Selain cireng, Bandung juga terkenal dengan kue cubit. Jajanan ini memang sudah karib sejak di bangku sekolah dan sekarang jenisnya makin inovatif dan menggugah selera. Salah satu yang kesohor adalah kue cubit green tea. Kue cubit terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir yang diolah mejadi adonan kemudian dimasak dalam cetakan hingga matang atau bertekstur empuk. Namun, banyak juga yang menyukai dalam keadaan setengah matang sehingga ada efek lumer dan lembut di lidah. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: