Gunung Bromo: Destinasi yang Menakjubkan

Gunung Bromo adalah salah satu ikon wisata alam yang ada di Jawa Timur.
, Majalah Kartini | 16/09/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Berbicara tentang objek wisata di Kabupaten Probolinggo, pasti langsung akan teringat dengan Gunung Bromo yang terkenal hingga mancanegara. Gunung Bromo adalah salah satu ikon wisata alam yang ada di Jawa Timur. Bagaimana tidak, keindahan panorama gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang ini banyak dikenal hingga mancanegara.

Wisata alam Gunung Bromo ini pernah muncul di film 5 Cm dan The Philosopher karena memang menjadi salah satu wisata yang ikonik dengan pesona alamnya yang benar-benar menakjubkan.

Fakta menariknya, Gunung Bromo adalah gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukan laut, dengan bentuk yang bertautan antara ngarai dan lembah juga terdapat lautan pasir yang luas sekitar 10 km persegi. Gunung ini juga populer dan favorit di kalangan pendaki bersama gunung Semeru.

Kawah bromo sendiri memiliki garis tengah sekitar 800 meter untuk utara ke selatan dan 600meter untuk barat ke timur. Di Gunung Bromo setiap tahunnya diadakan Upacara Yadya Kasada. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat Suku Tengger yang ada di sekitar gunung ini karena mereka mempercayai bahwa gunung Bromo merupakan Gunung Suci.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo dan mebuktikan keindahnya adalah saat menungggu matahri terbit (sunset). Langit terlihat berwarna orange ke unguan yang indah dipandang mata. Menikmati matahari terbit paling pas dari spot penanjakan, tidak heran saat-saat menuju matahari terbit kawasan tersebut ramai pengunjung.

Sesaat setelah matahari sudah meninggi, kawasan Bromo tetap terlihat indah dengan pemandangan awan putih mengelilingi Gunung Bromo. Tidak heran jika pengunjung merelakan waktu hingga siang hari untuk melihat keindahan dan berfoto untuk mengabadikan setiap keindahan yang ada di Gunung Bromo.

Keindahan lain yang harus dikunjungi saat berada di sekitaran Gunung Bromo

  1. Pura Luhur Poten

Berkuda untuk megunjungi Pura Luhur Poten yang berdiri megah di sekitar kaki Gunung Bromo. Pura ini merupakan satu-satunya yang ada sehingga menjadi tempat ibadah nan sakral bagi Suku Tengger yang menghuni kawasan Taman Nasional Bromo di Jawa Timur. Pura tersebut juga erat kaitannya dengan Upacara Yadya Kasada yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Selain menjadi tempat ibadah, pura tersebut sekaligus menjadi objek wisata di kalangan traveler yang berkunjung ke Taman Nasional Bromo. Dapat menggunakan mobil jeep atau berkuda hingga sampai ke lokasi Pura Luhur Poten tersebut.

  1. Bukit B29

Bukit yang satu menjadi objek wisata alam baru yang terkenal karena memberikan pemandangan indah dan memesona. Bukit ini berada di sekitar Gunung Bromo dengan ketinggian 2.900 Mdpl itu sebabnya bukit ini diberi nama Bukit B29. Wajar jika destinasi wisata ini dijuluki “Negeri Diatas Awan” karena memang dari ketinggiannya itu terlihat seakan berada diatas awan.

  1. Bukit Teletubbies

Bukit yang satu ini merupakan hamparan padang savana yang terletak di sisi selatan Gunung Bromo, dengan nama yang lebih dikenal yaitu Bukit Teletubbies karena hamparan padang rumput yang sangat luas berupa bukit-bukit hijau menyerupai bukit dalam film anak-anak Teletubies. Para penggunjung dapat berkunjung ke bukit ini dengan menggunakan mobil jeep. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: