Cara Tepat Atasi Ketakutan Perempuan saat Solo Travelling

Salah satu kunci perjalanan yang aman untuk solo traveler perempuan adalah jangan merasa takut saat berada di tempat baru.
, Majalah Kartini | 11/04/2019 - 14:00

Foto: Huffpost

MajalahKartini.co.id – Travelling atau berkelana ke suatu tempat yang diinginkan merupakan suatu pencapaian. Tak heran jika seseorang yang senang jalan-jalan dan bepergian sendiri berani melakukannya demi kepuasan batin.

Tapi patut diketahui, bepergian sendiri bisa menjadi hal yang mengundang bahaya. Pasalnya, pendatang kerap menjadi incaran kejahatan di lokasi wisata. Alasan keamanan ini sering kali menjadi hambatan bagi para solo traveller atau orang yang berwisata seorang diri, khususnya perempuan.

Namun sebaiknya kekhawatiran berlebih tidak perlu menjadi penghambat. Bepergian seorang diri dengan aman tetap bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal. Beberapa di antaranya adalah seperti ini.

Melakukan Riset

Solo traveller sebaiknya melakukan riset baik rujukan teman atau dari berbagai sumber bacaan dan internet sebelum bepergian ke tempat baru tersebut. Gali sedalam mungkin sampai sedetail untuk menghindari dan mengantisipasi bahaya.

Sebab riset berguna untuk banyak informasi tentang lokasi yang akan dikunjungi, mulai dari jam buka-tutup, transportasi dari dan menuju lokasi, makanan yang tersedia, serta ulasan dari orang lain yang pernah mengunjungi tempat itu. 

Mencari  Teman

Jika risau melakukan solo travelling, maka hal yang paling tepat dilakukan adalah mencari teman untuk bepergian bersama. Tapi jika memang ingin bepergian sendiri, ada baiknya mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk perjalanan.

Alangkah baiknya kita menghubungi teman yang berada di dekat lokasi yang akan dituju. Jika tidak punya teman sama sekali di tempat itu, maka tips untuk menghindari bahaya yakni menghubungi pemandu wisata di tempat tujuan. Usahakan berinteraksi dengan baik di lingkungan baru tersebut. Namun tetaplah waspada terhadap sekitar. Agar mereka pun menjadi lebih respect dengan kita.

Kunjungi Tempat Tersohor yang Ramai

Cara lain adalah tetap berada di area yang aman. Sebaiknya kunjungi tempat yang sudah banyak dikunjungi orang atau objek wisata yang sudah dikenal luas.

Sebabnya, jika objek wisata tersohor paling tidak sudah memiliki sistem keamanan di sekitarnya. Sehingga jika terjadi sesuatu yang berbahaya, mudah untuk melakukan sesuatu. Seperti melapor ke petugas setempat dan setidaknya ramai orang di sekitar.

Tapi jika ingin mengunjungi tempat yang jarang orang jamah, maka kembali kepada tahap awal. Riset dan bergaul dengan warga setempat untuk mencari solusi. Mintailah pertolongan ke warga yang kita bisa percaya.

Baca juga: Tips Penting dari Nadine Sebelum Anda Travelling Ala Backpacker

Hindari Pulang atau Bepergian Larut Malam

Jika sedang berada di tempat yang dituju, sebagai perempuan sebaiknya menjaga diri dengan menjauhi tempat-tempat yang sepi. Apalagi dengan suasana malam yang gelap dan sepi yang kerap menjadi incaran kejahatan. Cobalah untuk menghindari waktu-waktu ini untuk bepergian. Namun, jika tak bisa dihindarkan tak ada salahnya memanfaatkan transportasi seperti taksi online yang lebih aman.

“Sangat penting untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan. Jadi, jangan ragu untuk menyampaikannya” – Mong Chin

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: