Tiga Cara Jaga Privasi Smartphone Anda

Smartphone memiliki kerentanan karena banyaknya aplikasi yang bisa mengakses privasi Anda.
, Majalah Kartini | 11/10/2017 - 20:02

MajalahKartini.co.idSmartphone yang sudah dilengkapi berbagai fungsi praktis ternyata dapat mengundang tersebarnya privasi pengguna. Smartphone memiliki sejumlah kerentanan karena banyak aplikasi yang meminta akses untuk mengetahui ID pengguna, mengontrol kamera, microphone bahkan mengetahui lokasi pengguna walaupun aplikasi bersangkutan sedang tidak digunakan.

Jika Anda termasuk orang yang tidak rela data privasi Anda tersebar ketika menggunakan smartphone, Anda bisa melakukan tiga cara ini untuk menjaga privasi Anda, seperti dikutip dari Kit Guru:

1. Hati-hati mengunggah foto di media sosial

Smartphone semakin canggih ini menetapkan metadata seperti jenis kamera hingga koordinat GPS pada foto yang Anda ambil menggunakan smartphone. Hal semacam ini disebut “geotagging” dan biasanya bersifat pengaturan default.

Jika seorang penjahat ingin mengetahui tempat tinggal kalian, mereka bisa menemukannya lewat koordinat GPS dengan mengklik foto rumah yang diunggah di media sosial Anda. Untuk mencegah hal semacam ini terjadi, ada baiknya fitur tersebut tidak diaktifkan. Hanya pada smartphone Android dan iPhone yang bisa menonaktifkan fitur lokasi secara manual. Biasanya terdapat pada pengaturan atau aplikasi kamera.

2. Perhatikan pengaturan lokasi

Smartphone biasanya menyimpan lebih banyak informasi pribadi dan Anda harus tahu mengenai hal tersebut. Sikap waspada terhadap privasi wajar Anda rasakan apalagi Anda bisa mengatur privasi dan menyesuaikannya. Riwayat lokasi pengguna bisa dilacak di dalam ponsel.

Seperti ketika akun Google diaktifkan, otomatis data Anda tersimpan di dalamnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa merubah pengaturan di Smartphone Anda pada “location history” dengan tidak mengaktifkannya.

3. Jangan terima semua permintaan aplikasi

Ketika Anda ingin men-download atau memasang sebuah aplikasi pada smartphone, biasanya akan ada permohonan izin untuk mengakses beberapa hal. Sebenarnya Anda tidak perlu memberikan izin untuk hal yang diinginkan karena biasanya hanya pilihan tambahan. Anda bisa menolak memberikan izin dan nantinya aplikasi tersebut akan memberikan pemberitahuan. Jika Anda ingin memberikan izin setelah aplikasi dipasang, Anda bisa melakukannya juga. (Cindy/ Foto: Thinkstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: