Smartphone Pertama Tanpa Kartu SIM

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjadi smartphone pertama tanpa kartu SIM.
, Majalah Kartini | 09/10/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjadi smartphone pertama yang bisa digunakan tanpa kartu SIM. Karena fitur yang baru-baru ini digunakan Apple pada Watch generasi ketiga yaitu eSIM. Google juga menyematkan eSIM untuk memverifikasi akun selular pengguna. “Ini artinya Anda tak perlu lagi ke toko untuk membeli kartu SIM. Terkoneksi dengan layanan eSIM secepat mengoneksikan ponsel Anda dengan Wi-FI,” kata Product Manager Product Fi Google, Joy Xi.

Syarat untuk memverifikasi akun pengguna dengan eSIM, pengguna merupakan pelanggan alias subscriber Project Fi, yakni mobile virtual network operator (MVNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS dan internet. Layanan itu dibuat atas kerja sama Google dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia.

Koneksi eSIM ke jaringan Project Fi di Pixel 2 maupun Pixel 2 XL bisa dilakukan melalui Google Store. Jika Anda sudah menjadi pelanggan Project Fi, Anda cukup mengaktifkan di duo perangkat teranyar. Ada pilihan “SIM-free” di pengaturan untuk diklik, Nantinya Google akan mengaturkan koneksi untuk Anda via Project Fi, sebagaimana dilansir dari TheVerge. “Kami bakal bekerja sama dengan lebih banyak rekan industri untuk mendorong adopsi dari eSIM,” tutur Joy Xi.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL dapat pula digunakan dengan kartu SIM konvensional, karena kedua lini menyediakan slot nano-SIM. eSIM hanya dijadikan opsi yang lebih praktis untuk pengguna di negara-negara yang sudah diekspansi Project Fi. Fitur-fitur baru lainnya seperti ada Google Lens yang membuat kamera lebih pintar mengenali obyek dan music recognition untuk mengidentifikasi judul lagu dan penyanyi ketika mendegar musik di tempat umum.

Beberapa spesifikasi Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah prosesor Snapdragon 835, RAM 4 GB, penyimpanan 64GB/128 GB, sistem operasi Andorid Oreo, USB-C, anti-debu dan anti-air IP67, serta kuruan layar berurutan 5 inci dan 6 inci. Dilengkapi dengan kamera utama berkualitas 12 megapiksel dengan dual-pixel. (Cindy/Foto: The Independent)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: