Fenox: Indonesia Berpotensi Menjadi ‘Silicon Valley’ Asia

Saat ini, dorongan dan dukungan pemerintah Indonesia yang terus menerus untuk tumbuh dan kembangnya startup dibutuhkan.
, Majalah Kartini | 24/08/2016 - 07:30

MajalahKartini.co.id – Dengan jumlah penduduk yang sangat besar dan dukungan dari pemerintah, CEO Fenox Ventura Capital Anis Uzzaman mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi ‘Silicon Valley’ di Asia.

Anis menuturkan, potensi Indonesa untuk menjadi lokasi dengan ekosistem startup terbesar di Asia sangatlah besar. Oleh sebab itu, ia tidak akan merasa terkejut apabila dalam beberapa tahun mendatang Indonesia bisa mewujudkan impian tersebut.

“Saya tidak akan terkejut bila dalam 3-5 tahun mendatang Indonesia menjadi Silicon Valleynya Asia,” kata Anis yang memimpin perusahaan modal ventura asal Silicon Valley (Amerika Serikat), di Jakarta, Selasa (23/8), usai konferensi pers Startup World Cup Indonesia.

Menurut Anis, jumlah perusahaan startup telFonexah tumbuh pesat dan tidak sedikit nama yang kisah suksesnya dikenal masyarakat luas seperti Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan lainnya. Namun, ia menegaskan, pemerintah harus secara maksimal mendukung dunia startup di Tanah Air apabila ingin mewujudkan mimpi itu.

Ia melihat inisiasi untuk menggelar kompetisi startup internasional seperti ajang ‘Startup World Cup’ adalah langkah yang sangat baik. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dari 15 negara lainnya yang turut menyelenggarakan perhelatan itu.

Selain itu upaya pembangunan infrastruktur untuk jaringan internet oleh pemerintah saat ini juga menjadi hal yang positif bagi perkembangan startup.
Menurut dia, pekerjaan rumah bagi Indonesia saat ini adalah menciptakan iklim yang mampu mendorong tumbuhnya startup-startup lokal menjadi ekosistem yang baik.

Menurut dia, salah satu kendala di Indonesia mewujudkan kampium startup di Asia adalah masih sedikit perusahaan-perusahaan pendanaan. “Saya kira hal ini perlu diselesaikan,” katanya. (ANT/Foto: ANT/Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: