Yu Sheng Racikan Salad Pembawa Berkah dan Rezeki

Racikan salad ikan dengan berbagai rasa ini bukan hanya menarik mata keindahannya tetapi rasanya juga komplit.
, Majalah Kartini | 14/02/2018 - 14:04

MajalahKartini.co.id – Yu Sheng menu istimewa dalam tradisi buadaya China yang hanya bisa kita nikmati di antara waktu Imlek dan Cap Gomeh. Keistimewaannya terasa kental ketika menyapnya bersama keluarga ataupun sahabat, disertai segala doa penghangat sukma. Yu sheng merupakan hidangan yang muncul setahun di hari Raya Imlek. Racikan salad ikan dengan berbagai rasa ini bukan hanya menarik mata keindahannya tetapi rasanya juga komplit. Semua tekstur renyah, lembut atau kasar dan semua rasa asam, manis, gurih, pedas dan harum ada dalam racikan salad ini. Andapun bisa menyantap salad ini sambil meraih keberuntungan.

Tahun baru China atau yang dikenal dengan Festival Musim Semi merupakan salah satu dari tiga festival penting di tanggalan kalender China. Tak heran jika tanggal 16 Februari 2018 nanti merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat China di seluruh dunia. Tentunya selain untuk merayakan Musim Semi sekaligus menandakan dimulainya Tahun Anjing tanah.

Di Singapura dan Malaysia, masyarakat keturunan Cina biasanya menyajikan dan menyantap Yu Sheng saat Imlek tiba. Makanan ini wajib ada di meja makan seperti halnya dengan Nian Gao atau kue keranjang. Racikan salad ini memang dibuat dari bahan-bahan segar dan racikan belasan bahan lainnya.

“Yu Sheng dari kata ‘Yu’ yang berarti ikan dan ‘Sheng’ berarti mentah. Sehingga Yu Sheng diartikan sebagai salad berwarna warni yang disajikan bersama ikan mentah. Ikan mentag dalam masyarakat China melambangkan kehidupan yang baru, semetara kata ‘Yu’ juga dipergunakan untuk merepresentasikan kesejahteraan. Sehingga dengan menyantap Yu Sheng di tahun baru, orang keturunan Tionghoa percaya bahwa hidup mereka selalu akan diberi berkah dan keberuntungan,”ujar Suhartojo Tatang Area Manager Din Tai Fung Restoran.

Sementara itu salad yang terdapat pada hidangan ini juga tak kalah istimewa, karena terdiri dari racikan bahan-bahan. Diantaranya seperti wortel, lobak, kol ungu, daun lotus yang diiris-iris panjang, jahe merah, bawang merah, timun, manisan kulit jeruk, buah pala, kerupuk pangsit dll. Sedangkan ikan mentah yang wajib ada berupa salmon. Tambahan minyak kacang tanah juga air lemon,Saus buah plum,  biji wijen, kacang tanah tumbuk kasar yang diaduk dalam salagd mengikuti aturan. Tiap kali menambahkan bahan, diikuti dengan pengucapan kalimat yang berisi doa untuk keselamatan dan kemakmuran.

Suhartojo Tatang mengungkapkan tujuan menyatap Yu Sheng adalah kebersamaan, sehingga 1 piring besar Yu Sheng dapat disantap sekitar 8-12 orang. Namun saat yang paling seru adalah saat menyatap hidangan ini. Masing-masing orang mengelilingi meja turut berpartisipasi mencampurkan Yu Sheng yang ada di tengah meja. Caranya sampuran Yu Sheng yang dicapit dengan sumpit, lalu dilemparkan atau diangkat ke udara bersama-sama, sambil berteriak “Lo Hei…Lo Hei!” Dimana kata tersebut secara harafiah berarti ‘mencapurkan’ atau bisa juga “keberuntungan tiada akhir”. Konon semakin dilempar paling tinggi semakin banyak rezeki di tahun baru nanti.

Menyambut hari istimewa Imlek, Restoran Din Tai Fung di lantai 3F Lotte Shopping Aveune Jakarta menyajikan Yu Sheng , Dog bun dan tidak ketinggalan dessert  manggo puding fish with jelly  dari tanggal 1 – 28 Februari 2018. Yu Sheng disajikan dengan berbagai pilihan ukuran piring medium Rp 298.000. Ukuran large Rp 398.000. Yu sheng ini dapat dinikmati hingga 8-12 orang. Dog bun dengan filling isi ada rasa cokelat, kacang dan pisang. Untuk yang full body harus reservasi 3 hari sebelumnya. Dog bun full body Rp 228.000/8pcs full body. Sedangkan Rp 20.000/ pcs dog head.

Nah, tak ingin melewatkan malam tahun baru Imlek dengan sajian istimewa, sebaiknya cicipi Yu Sheng. Rasakan santapan meriah, yang sarat akan harapan berkah dan rezeki dengan keragaman dan kesegaran rasanya sambil berharap akan datangya kesuksesan di tahun anjing Tanah! Gong Xi Fat Chai. (Foto: Istimewa)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: